Sabtu, 10 Oktober 2009

LAPORAN KEGIATAN BULAN SEPTEMBER 2009

LAPORAN KEGIATAN LMI CABANG MADIUN

BULAN SEPTEMBER 2009







1.AKSI PEDULI YATIM DAN DHUAFA



Sekitar 30 siswa berasal dari perwakilan seksi kerokhanian Islam SMA yang ada di Madiun yang tergabung dalam forum Silaturohmi Sie Kerokhanian Islam (FORSSKI) salah satu forum remaja binaan LMI Madiun. Aksi turun jalan yang dilakukan pada hari Sabtu (22/8) pukul 09.00 hingga 10.00 di dua titik yakni depan Madiun Plaza dan perempatan tugu jalan Pahlawan. Dalam aksi ini LMI mengajak masyarakat untuk sadar zakat dengan membentangkan spanduk ajakan berzakat agar hidup tambah nikmat. Di acara ini juga ada penggalangan dana untuk anak yatim. Hasil dari penggalangan dana digunakan untuk acara buka bersama anak yatim dibeberapa panti asuhan yang ada di Madiun. Di sela sela acara tersebut peserta aksi membagikan jadwal puasa kepada pengguna jalan yang lalulalang diisekitar jalan tersebut.





2.BUKA PUASA BERSAMA DI PANTI ASUHAN DARUT TAUBAH



Diawal Romadhon 1430 H LMI MADIUN bersama FORSSKI (FORUM SILATUROHMI SIE KEROKHANIAN ISLAM) mengadakan acara buka bersama dengan 36 anak yatim dan dhuafa yang tinggal di panti asuhan Darut Taubah. Panti asuhan yang terletak di jalan Sikatan ini menampung 25 anak yang tinggal di panti sedangkan 11 anak tinggal dengan orangtua. Dengan dibimbing 6 orang pengasuh, panti asuhan ini membangun anak asuhnya menjadi anak yang berilmu, beriman dan bertaqwa. Acara buka bersama yang dimulai pukul 16.30 diisi dengan kultum menjelang buka bersama pak Andik dan diakhiri dengan pemberian santunan dari LMI.





3. PONDOK ROMADHON SMPN 11



Romadhon adalah bulan “Tarbiyah”. Momen inilah yang dijadikan SMPN 11 untuk mendidik siswa siswinya menjadi berakhlak mulia. Melalui kegiatan pondok romadhon yang diadakan mulai tanggal 25 sampai 27 Agustus, siswa kelas 1 sampai 3 diisi dengan materi motivasi spiritual. Bekerjasama dengan LMI Madiun dan Telkomsel menghadirkan narasumber dari Trustco Surabaya (pak Chidmat) untuk memotivasi peserta pondok romadhon di hari pertama dan kedua yang diikuti siswa kelas 2 dan 3 agar menjadi siswa yang bisa memahami jati dirinya. Dihari ketiga pondok romadhon peserta kelas 1 dipandu pak Yuda dari Magetan dgn materi membangun kedekatan dengan Alloh.Kegiatan pondok romadhon yang berakhir tanggal 27 ditutup oleh ibu kepala SMPN 11 dengan harapan selepas romadhon siswa SMPN 11 harus lebih baik dalam segala hal (akhlak maupun prestasi akademiknya).





4. MAJELIS TA LIM



Rabu 26 Agustus bertempat di masjid Al Islam jln. Merpati gg Wartel berlangsung kajian ke-Islaman dan buka bersama yang diikuti 30 warga sekitar masjid. Acara yang dimulai pukul 16.30 menghadirkan ustadz Slamet Mulyono dengan materi menanamkan ibadah sejak dini. Selain acara kajian LMI juga mengadakan acara buka bersama ditempat tersebut. Semoga kerjasama LMI dengan masjid Al Islam di bulan romadhon ini terus berlangsung dalam rangka memakmurkan masjid dan mempererat persaudaraan warga sekitar.





5. BUKA PUASA BERSAMA DI PANTI ASUHAN MUHAMMADIYAH



Dihari kesepuluh bulan romadhon LMI Madiun menggandeng FORSSKI (Forum Silaturahmi Sie Kerokhanian) beranjangsana ke panti asuhan Muhammadiyah. Panti asuhan yang terletak di jl. Joeranan ini menampung 40 anak yatim dan dhuafa yang berasal dari Madiun, Solo, Sragen, Ngawi dan Ponorogo. Acara yang dimulai pukul 16.30 dibuka dengan tilawah Al Quran. Sambil menunggu acara buka puasa diisi dengan bincang-bincang santai antara pengurus, anak asuh panti dengan adik-adik FORSSKI. Program-program kegiatan yang ada di panti mereka sampaikan di forum tersebut. Ternyata banyak sekali aktivitas yang mereka lakukan selain sekolah antara lain belajar menjahit, tata boga, komputer, bahasa arab, taklimul Quran. Ketrampilan ini diberikan untuk membekali mereka agar saat keluar dari panti mereka bisa mandiri dan berwiraswasta. Di tempat ini LMI menyerahkan bantuan alat tulis dan Al Quran. Akhir acara ditutup dengan sholat Magrib berjamaah dan buka bersama.





6. BUKA PUASA BERSAMA ANAK YATIM DI MASJID MUJAHIDIN



Bekerjasama dengan masjid Mujahidin LMI Madiun mengadakan buka bersama dengan 75 anak yatim pada tanggal 30 Agustus, 6 dan 13 September. Acara yang dimulai pukul 17.30 diisi dengan pemutaran film Ar Risalah yang berisi tentang perjuangan Rosululloh dan para sahabat didalam menyebarkan agama Islam. Dengan diputarnya film ini dihara pkan mereka bisa mengenal lebih jauh perjuangan Rosululloh didalam menyebarkan agama Islam sehingga kecintaan mereka kepada Rosululloh semakin mendalam dan akan menjadikan beliau sebagai suritauladan. Diacara ini LMI bersama pengurus masjid Mujahidin menyerahkan santunan yatim pada mereka yang hadir. Kegiatan diakhiri dengan sholat maghrib berjamaah dan buka bersama.





7. PONDOK ROMADHON SMKN 5



SMKN 5 menggandeng LMI Madiun di dalam kegiatan pondok romadhon yang diadakan mulai tgl 31 Agustus sampai 5 September. Di kegiatan ini LMI menhadirkan trainer-trainer motivator untuk mengisi kegiatan pondok romadhon yang dimulai pukul 09.00 hingga 12.00. Dihari pertama pak Yuda dan mbak Ajeng hadir ditengah-tengah peserta pondok yang diikuti seluruh siswa kelas satu. Sedangkan siswa kelas 2 dipandu pak Miftah dan mbak Ajeng sebagai narasumbernya. Di hari kelima pondok romadhon sebagai pengisinya pak Nur Salim bersama mbak Ajeng bersama siswa kelas 3. Materi yang disampaikan para trainer ini berisi tentang motivasi kepada siswa agar menjadi sosok remaja yang berakhlak positip.





8.PONDOK ROMADHON SMAN I MAOSPATI MAGETAN



Kegiatan pondok romadhon siswa SMAN 1 Maospati berlangsung tgl 2 dan 3 September. Selain diisi materi –materi keagamaan, mereka juga mendapatkan motivasi spiritual dari trainer-trainer yang dikirim LMI. Dihari pertama pak Fauzi menemani mereka di ruang multimedia sebagai narasumber. Sedangkan dihari kedua pak Yuda dari Magetan menjadi narasumber materi motivator. Materi-materi motivator yang disampaikan narasum ber diharapkan bisa memberi dorongan kepada peserta pondok romadhon untuk berubah menjadi lebih baik da- lam segala hal.





9. PONDOK ROMADHON SMKN 2



Agenda pondok romadhon di SMKN 2 diisi dengan kegiatan Baca Tulis Alquran dan ceramah. Aktivitas baca tulis Alquran dilaksanakan pada tanggal 31 Agustus dan 2 September dengan dipandu ustadz dan ustadzah dari LMI. Kegiatan ini berlangsung dari pukul 09.00 hingga 10.30, kemudian dilanjutkan dengan ceramah agama yang membahas masalah zakat fitrah bersama ustadz Nursalim Lc (relawan LMI).Di mushola SMKN 2 ini beliau menjelaskan secara gamblang hal-hal seputar zakat fitrah sehingga peserta mendapatkan tambahan ilmu.





10. PONDOK ROMADHON SMKN 4



Untuk meningkatkan spiritual siswanya SMKN 4 Madiun menggandeng LMI untuk mengisi kegiatan pondok romadhon yang berlangsung tanggal 4 dan 5 September. Seperti disekolah lainnya materi yang disampaikan merupakan motivasi spiritual yang bertujuan membangkitkan semangat para siswa untuk lebih berprestasi /baik dalam segala hal. Narasumber yang hadir di kegiatan ini adalah pak Yuda dan mbak Ajeng, keduanya spesialisasi materi motivator.





11. BUKA BERSAMA DENGAN 25 GURU PENERIMA SANTUNAN LMI



Bertempat di kantor LMI yang baru 25 guru (SD dan TK) memenuhi undangan buka bersama, mereka adalah penerima santunan peduli guru yang diberikan setiap bulan sekali. Acara yang dimulai pukul 16.30 diisi dengan taushiah yang berjudul “IKHLAS” bersama pak Miftahurrohman (penasehat LMI Madiun).Beliau mengajak pahlawan tanpa jasa ini untuk selalu menjaga kebersihan hatinya dalam menjalankan aktivitasnya sebagai tenaga pendidik. Selain memberikan santunan, buka bersama menjadi bagian dari acara ini yang dilaksanakan pada tanggal 5 September.





12. BUKA BERSAMA DI PANTI ASUHAN ISLAMIYAH REJOMULYO.



Kedatangan LMI bersama FORSSKI di panti asuhan Islamiyah untuk berbagi kebahagiaan merupakan bagian dari safari romadhon yang dilakukan LMI Madiun bersama FORSSKI. Agenda kultum menjelang buka bersama ustadz Andik Widodo merupakan agenda tambahan ilmu bagi mereka. LMI juga menyerahkan bantuan

Alat tulis (sumbangan adik-adik FORSSKI) dan Alquran. Buka bersama dan sholat Maghrib merupakan penutup acara ini.





13. SEMINAR KETIKA CINTA BERTASBIH



Sekitar 350 pelajar SMP dan SMA yang ada di Madiun memadati gedung Diklat jalan Duku pada hari Ahad

(7 Sept 2009). Acara yang dilmulai pukul 09.00 menghadirkan ustadz Darwis pengasuh cafe curhat di Kediri dengan tema “KETIKA CINTA BERTASBIH”. Acara ini merupakan salah satu program LMI Madiun sebagai bentuk kepedulian LMI di bidang pembinaan remaja.Beliau memaparkan permasalahan remaja saat ini dan solusinya. Isi mater dan gaya bicara yang sangat menarik membuat peserta seminar antusias sekali mengikuti acara ini hingga akhir acara. Forum tanya jawab nampak seru sekali, pertanyaan-pertanyaan yang disampaikan peserta semakin membuat acara ini semakin menarik. Saat panitia meminta peserta untuk menyampaikan kesan dan pesannya, ternyata mereka menginginkan agar LMI sering mengadakan acara semacam ini.





14. PERINGATAN NUZULUL QURAN DI SMKN 5



Untuk menanamkan kecintaan pada Al Quran, pada tanggal 7 September SMKN 5 mengadakan peringatan Nuzulul Quran. Bekerjasama dengan LMI Madiun diacara tersebut menghadirkan ustadz Marenda Darwis dari Kediri sebagai narasumber. Acara yang dimulai pukul 08.00 dibuka dengan tilawah dilanjutkan sambutan kepala SMKN 5. Kehadiran ustadz Darwis sebagai narasumber menjadikan acara ini bertambah menarik. Beliau selain memaparkan tentang nuzulul Quran juga memotivasi siswa SMKN 5 untuk menjadikan Alquran sebagai tuntunan dalam hidup dengan jalan mau mempelajari kandungan Alquran untuk membentengi diri dari hal-hal negatif.





15. BANTUAN UNTUK KELUARGA BU KATIFAH



Tanggal 29 Agustus dan 11 September LMI Madiun mengunjungi rumah bu Katifah untuk menyerahkan bantuan dari donatur LMI yang tinggal di Jakarta. Bantuan ini untuk membantu biaya pendidikan ketiga putranya yang berstatus yatin. Semenjak ditinggal sang suami beliau menjadi tulangpunggung keluarga dengan berjualan mainan anak-anak. Penghasilan yang tidak tentu membuat kebutuhan biaya sekolah putra putrinya tidak bisa tercukupi.





16. PONDOK ROMADHON SMPN 10



Untuk lebih menyemarakkan kegiatan di bulan romadhon SMPN 10 bekerjasama dengan LMI Madiun mengadakan pondok romadhon yang diisi dengan training motivasi spiritual. Acara yang diisi dua trainer motivasi dari LMI berlangsung tgl 7 dan 8 September. Pak Yuda dari Magetan sebagai narasumber pondok romadhon tg 7, sedangkan tg 8 diisi pak Chikmat dari Trustco Surabaya. Materi yang disampaikan seputar permasalahan dunia remaja. Dengan adanya acara ini diharapkan siswa SMPN 10 tidak terjerumus pada hal-hal negatip.





17. SANTUNAN ABANG BECAK



Santunan abang becak merupakan salah satu program rutin LMI Madiun yag diadakan sebulan sekali. Santunan yang diberikan LMI untuk bulan romadhon berupa sembako, sirup dan uang kepada 100 abang becak yang tergabung dalam paguyuban abang becak LMI. Insya Alloh LMI akan merealisasikan beasiswa untuk putra-putri tukang becak pada bulan Oktober sebagai bentuk kepedulian kami pada pendidikan keluarga tukang becak.





18. BUKA PUASA BOGASARI BERSAMA ANAK YATIM DAN DHUAFA



Ada sekitar 90 anak yatim dan dhuafa memenuhi ruang pertemuan LMI untuk mengadakan buka bersama. Acara yang disponsori PT Bogasari dimulai pukul 15.30 bersama narasumber pak Miftahurrohman. Dalam tausiahnya beliau mengajak peserta acara ini untuk tetap bersyukur, meskipun kondisi mereka serba kekurangan. Ternyata masih ada anak-anak yang nasibnya jauh lebih buruk dari mereka. Mereka harus yakin bisa menggapai cita-citanya asalkan mau brusaha semaksimak mungkin walaupun kondisi ekonomi keluarga jauh dari cukup. Disela-sela acara tersebut mereka diminta untuk membuat sebuah karangan tentang kehidupan mereka selama ini.Hasil tulisan mereka akan kami bukukan. Tiga orang mewakili peserta buka bersama tampil didepan membacakan hasil karangannya., bagi mereka yang tampil mendapatkan hadiah dari LMI. Sholat Maghrib berjamaah dan buka bersama merupakan acara penutup kegiatan tersebut.





19.BUKA PUASA BERSAMA DI PANTI ASUHAN AL IHSAN PONOROGO



Kunjungan ke panti asuhan Al Ihsan merupakan agenda terakhir LMI bersama FORSSKI mengadakan safari romadhon di panti asuhan. Seperti di tempat lainnya, di sini kami selain melakukan buka bersama juga menjadikan kesempatan ini untuk menambah ilmu bersama ustadz Syamsudin Lc selaku penasehat panti asuhan Al Ihsan. LMI juga menyerahkan bantuan alat tulis, Alquran serta beasiswa kepada 16 anak penghuni panti tersebut setiap bulannya.





20. SANTUNAN KESEHATAN



Bantuan biaya pengobatan kami berikan pada Ukkin penderita kelainan anus, bu Marsinem penderita kanker payudara selama 8 tahun dan Eka bocah SD penderita leukimia. Semoga bantuan tersebut sedikit meringankan beban mereka yang harus rutin menjalani rawat jalan.





21. SANTUNAN DHUAFA



Dibulan romadhon ini LMI memberikan bantuan kepada keluarga tidak mampu berupa santunan uang kepada masyarakat di kota Madiun meliputi 3 kecamatan, beberapa desa yang terletak di kabupaten Ngawi, kabupaten Madiun (KARE, GEMARANG, SARADAN). Jumlah yang kami santuni lebih dari 1000 orang.





22. SANTUNAN AGUS PURWANTO



Bantuan dari donatur masih terus mengalir untuk Agus yang mengalami lumpuh sampai saat ini. Sudah 8 tahun Agus harus berbaring diatas tempat tidur akibat penyakit yang dideritanya. Karena kondisi keluarga yang tergolong tidak mampu, ibu Agus tidak mampu mengobatkan buah hatinya.Semoga bantuan dari donatur LMI yang telah kami salurkan langsung kepada Agus bisa mengurangi beban keluarga tersebut.





23. SANTUNAN MBAH LASINEM



Hingga saat ini LMI masih terus memenuhi keperluan mbah Lasinem seorang janda usia 80 tahun yang mengalami kebutaan. Santunan buat beliau kami salurkan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari beliau. Untuk makan setiap harinya LMI memberikan makanan dalam bentuk siap makan, demikian juga kebutuhan lainnya.

Insya Alloh bulan Oktober LMI akan memperbaiki dinding rumah beliau.





24. SANTUNAN DANANG



Setelah hampir setahun meninggalkan bangku sekolah Danang anak yatim yang tinggal di Kare akhirnya kembali bersekolah lagi di MTSN Kare. Berkat bantuan dari donatur LMI Danang bisa melanjutkan kembali sekolahnya.





25. BANTUAN MASJID



LMI menyerahkan bantuan berupa uang pada 3 masjid yang ada di wilayah Kare dan Gemarang. Bantuan ini digunakan untuk membantu renovasi masjid tersebut.





26. POSYANDU LANSIA



Meskipun bulan romadhon pelaksanaan kegiatan posyandu lansia masih tetap berjalan. Pemeriksaan tensi, penyuluhan kesehatan merupakan aktivitas yang berlangsung di posyandu lansia Josenan. Kegiatan seperti ini rutin dilakukan sebulan sekali.





27. PENYALURAN ZAKAT FITRAH DAN FIDYAH



Penyaluran zakat fitrah dan fidyah LMI Madiun dilaksanakan mulai H-3 dengan jumlah penerima lebih dari 1000 orang yang berdomisili di wilayah kota Madiun (kecamatan Taman, Kartoharjo, Manguharjo), kabupaten Ngawi, kabupaten Madiun (Kare, Gemarang dan Saradan).





28. RELAWAN LMI



Selama bulan romadhon LMI dibantu 70 relawan untuk membantu tugas staff LMI sebagai amil zakat musiman. Hal ini kami lakukan berkaitan dengan jumlah masyarakat yang harus kami layani untuk jemput zakat semakin banyak, sedangkan jumlah staff yang ada hanya 5 orang.





29. TAKBIR KELILING



LMI bekerjasama dengan Remas mushola Baiturrohman jalan Pringgodani mengadakan takbir keliling dengan menggunakan tiga kendaraan roda empat. Start kegiatan dari jalan Pringgodani dengan mengambil rute wilayah kota Madiun dan beberapa lokasi yang berbatasan dengan kabupaten.





(= = = = = )

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar