Minggu, 18 September 2011

LAPORAN KEGIATAN BULAN AGUSTUS 2011

1. Buka Puasa Bersama

Kegiatan buka puasa bersama anak yatim dan dhuafa binaan LMI berlangsung setiap hari mulai awal Romadhon hingga tgl. 28 Agustus. Selain berlangsung di kantor LMI, kegiatan ini juga bertempat di rumah donatur dan masjid Muhajidin Perum Bumi Antariksa. Acara buka bersama diisi dengan tauziah dan doa bersama. Beberapa instansi juga bekerjasama dengan LMI Madiun untuk menggelar acara tersebut.

2. Dongeng Anak

Setiap hari Senin dan Kamis sekitar 50 sampai 60 anak SD hadir di kantor LMI mengikuti acara dongeng anak yang dipandu pendongeng anak pak Slamet dan bu Narti. Beliau mengajarkan pesan-pesan moral lewat cerita-cerita menarik.

3. Layanan Ustadz Sholat Tarawih

Di bulan Romadhon 1432 H LMI juga melayani permintaan imam dan khotib sholat Tarawih dari beberapa mushola dan masjid di kota Madiun.

4. Stand Pembayaran Zakat

Bekerjasama dengan Madiun Plaza dan Carrefour LMI Madiun membuka stand pembayaran zakat di pusat perbelanjaan tersebut. Selain stand zakat, LMI juga menggelar acara ngabuburit di Foodcourt Madiun Plaza yang diisi dengan taushiah menjelang berbuka bersama ustadz-ustadz LMI.

5. Beasiswa Yatim dan Dhuafa

Di bulan Romadhon ini LMI juga memberikan santunan beasiswa kepada 250 anak yatim dan dhuafa. Selain menggelar acara penyerahan beasiswa, mereka juga diajak buka bersama dan doa bersama.

6. Buka Bersama di Ponorogo

Kegiatan buka bersama juga berlangsung di musholla Watubonang, SDN Dayakan 2, SDN 01 Karangan Badegan yang melibatkan siswa SD dan warga setempat. Buka bersama juga berlangsung di Mangunsuman Siman Ponorogo.

7. Mushola Watubonang

Alhamdulillah di bulan Romadhon 1432 H mushola Watubonang sudah bisa digunakan sholat tarawih warga dan siswa Watubonang, meskipun daun pintu dan jendela belum ada. Informasi yang kami peroleh dari relawan LMI yang ada di Ponorogo, setiap hari jamaah memenuhi mushola tersebut untuk melakukan sholat tarawih. Mushola yang dibangun dari donatur IIDI Kota Madiun dan majelis ta’lim Qolbun Salim memberikan manfaat yang besar untuk kegiatan warga dan siswa Watubonang.

8. Wakaf Al-Qur’an

LMI menyerahkan Al-Qur’an dan Iqro’ di beberapa masjid dan mushola yang ada di kabupaten Madiun dan Magetan. Penerima program wakaf Al-Qur’an LMI adalah tempat-tempat yang memiliki fasilitas kegiatan kerokhaniannya masih minim.

9. Majelis Ta’lim

Di bulan Romadhon ini selain mengadakan kegiatan pengajian, majelis ta’lim binaan LMI juga mengadakan acara buka bersama dan doa bersama yang diikuti sekitar 40 sampai 50 orang.

10. Santunan Dhuafa

Selain memberikan santunan kepada mustahik yang rutin setiap bulan LMI juga menyerahkan santunan kepada 20 dhuafa di desa Taman. Santunan ini merupakan bantuan dari perkumpulan muslim yang tinggal di Australia.

11. Buka Puasa di Kabupaten Madiun

Kegiatan buka bersama juga berlangsung di kecamatan Gemarang, Saradan, Pilangkenceng, Morang Kare bersama relawan-relawan LMI yang ada di daerah tersebut. Di Morang Kare selain acara buka bersama jugal diserahkan sembako titipan dari donatur LMI.

12. Pondok Romadhon

LMI Madiun memberikan layanan pembicara pondok Romadhon di beberapa sekolah (SMPN 11, SMKN 4, SMAN 6, SMAN 2) di Madiun dengan menghadirkan narasumber tim trainer Trustco.

13. Buka Puasa di Panti Asuhan dan Rumah Singgah

LMI juga menyalurkan dana buka puasa di beberapa panti asuhan yang ada di kota Madiun, kabupaten Ponorogo dan kabupaten Madiun. Selain itu LMI juga memberikan buka puasa di rumah singgah Al Gheins Madiun yang merupakan perkumpulan anak-anak jalanan di Madiun.

14. Parcel Abang Becak

Sebanyak 250 parcel diberikan pada abang becak yang setiap hari mengais rejeki di wilayah kota Madiun. Parcel yang berisi sirup, roti, teh, gula dan mie dibagikan di kantor LMI.

15. Aqiqoh

LMI menyalurkan aqiqoh dari donatur kepada anak yatim dan dhuafa binaan LMI dan mereka yang tinggal di panti asuhan.

16. Rumah Tahfidz

Selama bulan Romadhon kegiatan rumah tahfidz diisi dengan hafalan qur’an, kajian keagamaan, buka bersama, bimbingan belajar serta sholat tarawih. Rumah Tahfidz yang dibina langsung ustadz dan ustadzah hafidz Qur’an ini diharapkan bisa menghasilkan kader-kader penghafal qur’an

17. Santunan Kesehatan

Selain ukkin dan pak Sarju, LMI juga membantu pengobatan Noval Dhorif bocah berusia 2,5 tahun yang menderita tumor ganas di matanya. Noval harus menjalani operasi di RSU dr. Soetomo Surabaya pasca lebaran.

18. Iktikaf

LMI memberikan bantuan penyelenggaraan iktikaf yang diselenggarakan Salimah, MWC dan YBIM serta Forum Remaja Ikhwah Gaul.

19. Parcel Lebaran Yatim dan Dhuafa

Selain kepada abang becak, di bulan Romadhon ini LMI juga menyerahkan parcel lebaran sebanyak 250 buah kepada anak yatim dan tidak mampu. Kegiatan yang berlangsung di musholla Baiturrohman jalan Semangka ini juga bersamaan dengan penyerahan beasiswa dan acara buka bersama.

20. Relawan LMI

Selama bulan Romadhon penghimpunan dan penyaluran zakat, infaq dan shodaqoh LMI melibatkan 75 relawan yang tersebar di kota dan kabupaten Madiun serta Ponorogo guna membantu tugas lima staff tetap LMI selama bulan romadhon.

21. Penyaluran Zakat, Zakat Fitrah, Fidyah, Infaq dan Shodaqoh

Alhamdulillah penyaluran zakat, zakat fitrah,fidyah, infaq dan shodaqoh yang terhimpun di LMI selama bulan Romadhon sudah disalurkan di tiga kecamatan yang ada di kota Madiun, beberapa warga yang tinggal di kabupaten Madiun dan Magetan. Data penerimanya bisa dilihat di halaman lain buletin ini.

22. Beasiswa Yatim Ponorogo

LMI memberikan beasiswa kepada 50 anak yatim yang memiliki rumah singgah di jalan Kawung Ponorogo serta 15 anak yatim yang tinggal di panti Darut Taqwa Ponorogo.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar