Minggu, 18 September 2011

LAPORAN KEGIATAN BULAN JULI 2011

A. PROGRAM PINTAR

Beasiswa Yatim Kebonsari

Penyerahan beasiswa yatim di Kebonsari berlangsung di masjid Abdullah Krandegan. Beasiswa diberikan kepada 18 anak SD, SMP dan SMA. Penerima beasiswa juga mendapatkan pembinaan kerokhanian dari Ustadz Imam M.

Beasiswa Caruban

Bertempat di BLK Caruban, sebanyak 56 anak SD, SMP, dan SMA menerima beasiswa rutin tiap bulan. Mereka berasal dari keluarga tidak mampu yang kesulitan dalam biaya sekolah.

Bantuan Pendidikan

Tahun ajaran baru 2011/2012 LMI memberikan santunan pendidikan kepada siswa SMP dan SMA yang kesulitan menyelesaikan biaya masuk tahun ajaran baru yang terdiri dari seragam, uang komite, peralatan sekolah dan uang buku. Siswa penerima bantuan ajaran baru adalah Padrepya (SMKN 1), Imam Hanafi (SMPN 7), Raka Obit (SMPN 9), Risma (SMKN 2), Novianto (SMKN 1), Rini (SMK Tamsis), Febrika (SMKN 2), Doni (SMK Tamsis).

Bantuan Peralatan Sekolah

LMI memberikan bantuan peralatan sekolah kepada 25 anak SD dan SMP dari keluarga tidak mampu yang tinggal di kelurahan Nambangan.

Beasiswa Penghafal Al-Qur’an

Enam siswa penghafal Al-Qur’an menerima beasiswa setiap bulan dari LMI. Empat anak bersekolah di SMPIT Darul Taubah, sedangkan 2 belajar di perguruan tinggi penghafal Al-Qur’an di Jakarta.

Beasiswa Kuliah

Alhamdulillah LMI tahun ini bisa membiayai 4 mahasiswa baru yang melanjutkan kuliah ke IKIP PGRI dan UNMUH Ponorogo. Keempat orang ini selain kuliah juga bekerja untuk menambah pemasukan keluarga mereka.

Beasiswa Yatim dan Dhuafa Ponorogo

Sebanyak 20 anak SD yang tinggal di Mlarak dan 15 anak yatim panti asuhan Darut Taqwa Ponorogo setiap bulan rutin menerima beasiswa dari LMI untuk membantu keperluan sekolah mereka.

B. PROGRAM SEHATI (KESEHATAN)

Santunan Kesehatan

LMI memberikan santunan rutin untuk membantu biaya berobat jalan pada pak Sarju, Arik, ukkin dan bu Kasiati.

Operasi Katarak

Pak Rusmin adalah seorang warga kelurahan Mojorejo akhirnya bisa melihat kembali setelah menjalani operasi katarak di RSUD dr. Soedono atas biaya LMI Madiun pada tanggal 26 Juli 2011.

Pengobatan Gratis

LMI Madiun dan LMI Magetan menggelar program pengobatan gratis di daerah Ngrambe Ngawi pada tanggal 24 Juli. Kondisi ekonomi masyarakat yang minus menjadikan kegiatan ini sangat berarti bagi warga. Sekitar 200 warga memanfaatkan kegiatan ini untuk memeriksakan kesehatan mereka yang langsung ditangani tim medis yang sering terlibat dalam kegiatan pengobatan LMI.

C. PROGRAM EMAS (PEMBERDAYAAN)

Santunan Dhuafa

Santunan rutin tiap bulan dan pendampingan kerokhanian diberikan pada pak Budi, pak Sarju, pak Slamet, mbah Surip, mbah Mirah, mbah Semi, mbah Las, mbah Lasinem, mak Siran, mak Nyum, mbah Marto Daud, mbah Welas, Guntur.

Kursus Ketrampilan dan Handycraft

Kegiatan belajar menjahit dan kerajinan tangan berlangsung di kantor LMI setiap hari Jum’at dan Sabtu diikuti anak-anak binaan LMI dan ibu-ibu sekitar kantor LMI.

Santunan Abang Becak

LMI rutin memberikan sembako tiap bulan pada 25 abang becak di Caruban.

D. PROGRAM DA’WAH

Majelis Ta’lim

Kegiatan majelis ta’lim LMI berlangsung rutin di Jalan Trengguli, warga Sukosari, majelis ta’lim Mar’atush Sholehah Serayu Barat, mushola Al Hidayah jalan Cempedak, masjid Baiturrohman jalan Pringgodani, dan masjid Al-Amin Widodo Kencono 2.

BISA

Kegiatan belajar Al-Qur’an berlangsung di Baiturrohman jalan Semangka yang diikuti 15 ibu-ibu warga sekitar jalan Semangka.

Kajian Tafsir

Kegiatan mengkaji Al-Qur’an yang dipandu Ustadz Syamsudin Lc berlangsung dua pekan sekali di Baiturrohman jalan Semangka, yang dihadiri sekitar 50 sampai 60 orang.

Rumah Tahfidz

Alhamdulillah kegiatan rumah tahfidz LMI mulai berjalan bulan Juli di jalan Anggur No. 1. Penghuni rumah tahfidz adalah siswa SD yang berasal dari keluarga tidak mampu. Agenda kegiatan mereka berlangsung mulai pagi hari, selain kegiatan menghafal Al-Qur’an mereka juga bersekolah formal (SD).

Pelatihan Sholat Khusyuk

Dalam rangka menyambut bulan Ramadhan, LMI mengadakan pelatihan sholat khusyuk di gedung pertemuan kecamatan Taman pada tanggal 10 Juli 2011. Acara ini diikuti 160 peserta dan dipandu tim center sholat khusyuk Surabaya yaitu Ustadz Sukanan. Beliau mengajarkan metode agar sholat kita bisa khusyuk baik secara teori maupun praktek.

Peduli Dai

LMI Madiun memberikan bantuan tiap bulan kepada lima ustadz pengajar TPA di Ponorogo. Mereka setiap hari beraktifitas bersama anak-anak TPA di tempat yang minus pembinaan agama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar