Sabtu, 09 Mei 2009

LAPORAN KEGIATAN LMI CABANG MADIUN BULAN MARET 2009

LAPORAN KEGIATAN LMI CABANG MADIUN
BULAN MARET 2009

1. Beasiswa
Ahad (1 Maret) LMI Madiun awal periode VII program beasiswa LMI Cabang Madiun dua ratus anak mulai TK sampai SMA dari berbagai sekolah baik negeri maupun swasta menerima santunan beasiswa. Acara yang bertempat di musholla Baiturrahman jalan Semangka selain dihadiri penerima beasiswa juga orang tua siswa. Di acara ini juga disampaikan sosialisasi bimbel, komputer dan kursus bahasa Inggris yang juga merupakan program LMI bagi siswa penerima beasiswa.

2. Majelis Ta’lim
Kegiatan ta’lim rutin yang diselenggarakan LMI alhamdulillah membawa dampak positif bagi ibu-ibu yang selalu hadir di ta’lim LMI. Keinginan mereka untuk belajar Islam begitu besar seperti di majelis ta’lim jalan Pepaya, Seram, Pringgodani, Puri Pertama Hijau, Semangka, dan Cempedak. Setiap bulan ibu-ibu di tempat tersebut selalu mengingatkan LMI untuk menyediakan ustadz pengisian ta’lim.

3. Seminar Motivasi
Kehadiran mas Chidmat dari Trusco Surabaya nampaknya disambut dengan baik bagi remaja-remaja di Madiun. Permintaan beliau untuk memberikan training motivasi remaja untuk berubah ke arah positif semakin meluas. Dalam rangka peringatan Maulud Nabi Muhammad SAW, mas Chidmat diundang SMA 3, SMKN 5, SMKN 4 untuk memberikan penyegaran dan motivasi baru kepada siswa siswinya dengan harapan ada dampak positif baik segi akhlak maupun prestasinya.

4. Training Wakasek dan Guru di Gedung Diklat
Sabtu (14/3) bertempat di Gedung Diklat Pemkot Madiun berlangsung training Wakasek dan guru SMP dan SMA se-kota Madiun dengan tema “Membangkitkan motivasi dan potensi pelajar”. Acara yang menghadirkan pak Darwis (trainer dari Kediri) sebagai narasumber merupakan sosialisasi LMI Madiun di dunia pendidikan, sekaligus memperkenalkan “Café Gaul” sebagai wadah pembinaan potensi dan kreativitas pelajar di Madiun. Dalam materinya beliau memberikan trik-trik memotivasi pelajar untuk mengembangkan potensi dan prestasi pelajar.

5. Sehat Ibu dan Buah Hati
Program pemberian makanan tambahan bagi balita lewat posyandu yang ada di jalan Kutilang, Cempedak, Mojo dan Margobawero merupakan bentuk kepedulian LMI Cabang Madiun kepada balita-balita yang berasal dari keluarga kurang mampu.

6. Bimbel dan Komputer Gratis
Setiap hari Senin sampai Kamis anak-anak kelas 3 sampai kelas 6 mendapatkan bimbingan belajar Matematika, Bahasa Inggris, IPA dan Komputer dari relawan-relawan LMI. Kegiatan bimbel dan komputer berlangsung di rumah pintar LMI mulai pukul 15.00 sampai 17.15 yang diikuti 40 siswa SD.

7. BISA (Belajar Intensif Al Qur’an)
Program BISA LMI berlangsung di TPA dan majelis ta’lim ibu-ibu musholla Baiturrohman, musholla Al Ikhlas Jl. Bali, mushola jalan Cempedak dan ibu-ibu di jalan Pepaya. Peserta program BISA LMI adalah ibu-ibu yang berprofesi sebagai ibu rumah tangga.

8. Santunan Kesehatan dan Santunan Dhuafa
Santunan kesehatan masih diberikan pada ukkin dan bu Dini sedangkan penerima dhuafa bulan Maret adalah ibu Lilik seoran janda dengan empat orang anak, bu Miati seorang ibu yang harus menjadi tulang punggung keluarganya, bu Paenah seorang ibu dengan lima orang anak, pak Slamet seorang pemulung sampah, pak Sarju dan mbah Lasinem serta pak Mulyono sorang muadzin di salah satu musholla di Jl. Bali.




9. Peduli Guru
Tiga puluh delapan guru TK dan MI masih tetap rutin mendapat santunan bulanan dari LMI Madiun untuk menambah penghasilan mereka yang masih di bawah UMR.

10. Pengobatan Gratis
Tgl. 7 Maret di jalan Jambu Kembar, tim medis LMI Madiun hadir melakukan pengobatan gratis untuk lingkungan tersebut. Tujuh puluh orang mengunjungi posko kesehatan LMI yang dimulai pukul 9 pagi. Dua orang dokterm 2 perawat dan satu apoteker memberikan layanan kesehatan.

11. Kumpul Bareng Café Gaul
Ahad (1 Maret) bertempat di Aula MAN 2 berlangsung training motivasi yang diselenggarakan Café Gaul (bagian pembinaan remaja program LMI) dengan narasumber pak Fauzi. Acara yang dihadiri 150 anak SMP dan SMA yang tergabung dalam Café Gaul meluncurkan Blog Café Gaul untuk sarana mengapresiasikan kreativitas remaja di Madiun.

12. Santunan Anak Yatim
Ahad (8/3) LMI Madiun memberikan santunan kepada 100 anak yatim mulai TK sampai SMA di lapangan Gulun. Setiap anak menerima Rp. 40.000 setiap bulannya.

13. Club Cendikia
Setiap ahad pagi 35 anak SD yang tergabung dalam Club Cendikia mengikuti latihan sepak bola di lapangan CPM yang dipandu pak Eko dan mas Dani. Sedangkan 15 anak SMP berlatih bulu tangkis di SMPN 6 setiap hari Sabtu jam 20.00 sampai 22.00.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar