Sabtu, 09 Mei 2009

LAPORAN KEGIATAN LMI MADIUN BULAN APRIL 2009

LAPORAN KEGIATAN LMI MADIUN
BULAN APRIL 2009

1. PENGOBATAN GRATIS
Dua bulan terakhir ini LMI kedatangan tamu dari penggerak pos Lansia yang di Madiun. Mereka ingin bekerjasama dengan LMI Madiun untuk membantu kegiatan di Pos Lansia dalam bentuk pemeriksaan dan pengobatan. Bentuk kerjasama LMI dan Pos Lansia diawali di Pos Lansia jalan Pepaya pada tanggal 22 Maret bersamaan dengan ulang tahun Pos Lansia di tempat tersebut lebih dari 40 lansia yang menjadi anggotanya mendaftarkan diri untuk mendapatkan pengobatan gratis. LMI Madiun juga diminta memberikan layanan pengobatan gratis di Pos Lansia jalan Kawis pada tanggal 12 April dengan pasien sebanyak 40 orang. Di kelurahan Tawang LMI Madiun mengadakan dua kali layanan pengobatan (tgl. 4 dan 9 April). Dua kali pengobatan, tim medis LMI melayani 150 masyarakat sekitar tawang.

2. STUDI BANDING LMI KE KEDIRI
Untuk belajar bagaimana mengelola dan membina remaja, pengurus Café Gaul dan LMI Madiun pada tanggal 22 Maret berkunjung ke Kediri yang sudah berhasil membina kelompok remaja-remaja di Kediri. Dari kunjungan ini diharapkan pengurus Café Gaul bisa mengelola remaja-remaja di Madiun, menjadi remaja-remaha yang berpotensi dan berprestasi. Di kegiatan ini, kami juga mengunjungi tempat pemberdayaan kambing yang ada di kota Pare Kediri.

3. SANTUNAN ABANG BECAK JALAN SEMANGKA 32
26 Maret 2009 LMI Madiun menyerahkan santunan sembako dan kaos Paguyuban Abang Becak sebanyak 100 paket. Santunan sembako akan kami berikan rutin setiap bulan selama enam bulan. Harapan LMI dengan terbentuknya Paguyuban Abang Becak ini, LMI Madiun bisa memberikan pembinaan dan pelatihan pada keluarga abang becak.



4. BEASISWA PINTAR
Bi bulan Maret ini LMI Madiun memberikan beasiswa pintar kepada 210 anak TK, SD, SMA dan SMA dari keluarga kurang mampu. Tujuh puluh lima anak berasal dari Kare, Gemarang, dan Saradan yang setiap bulan sekali kami salurkan lewat LMI yang ada di daerah tersebut. Untuk siswa TK & SD dengan nominal Rp. 30.000, SMP Rp. 35.000, SMA Rp. 40.000 setipa bulannya.

5. SANTUNAN ANAK YATIM
Seratus anak yatim menerima santunan rutin tiap bulan berupa beasiswa sebesar Rp. 40.000 pada tanggal 19 April di rumah pintar LMI. Dua puluh anak yatim penerima santunan berasal dari kabupaten Madiun. Di kegiatan ini LMI juga membagikan nasi kardus yang berasal dari salah satu donatur LMI dengan hajat aqiqoh.

6. RUMAH PINTAR
Setiap hari Senin sampai Jum’at sore rumah pintar LMI Madiun tidak pernah sepi dari kunjungan anak-anak SD dan SMP. Mereka mendapatkan tambahan pelajaran Matematika, IPA, Bahasa Inggris dan Komputer dari pengajar Bimbel Gratis LMI. Setiap sore lebih dari 20 anak rutin ikut bimbel di rumah pintar.

7. MAJELIS TA’LIM
Pengajian rutin LMI berlangsung di Musholla Al Hidayah pada hari Jum’at (27 Maret) yang dihadiri 40 ibu-ibu lingkungan jalan Cempedak, sebagai narasumbernya mbak Yuli Susanti dengan materi “Keutamaan Sholat Shubuh” sedangkan warga Nambangan Lor yang tergabung dalam jamaah pengajian AS Sakinah menyelenggarakan pengajian di rumah bapak Sukirno yang tinggal di jalan Kutilang.

8. SANTUNAN NILA
Sejak kita keluarga Nila termuat dalam buletin Ukhuwah LMI Madiun, kepedulian masyarakat terus berdatangan baik dari dalam kota Madiun maupun luar kota Madiun. Tim LMI Madiun sudah tiga kali berkunjung ke rumah Nila untuk menyerahkan bantuan donatur yang disalurkan lewat LMI.

9. BISA
Program BISA LMI berlangsung di jalan Semangka, Cempedak, Pepaya, dan Bali. Belajar Al-Qur’an yang rutin diadakan dua kali sampai tiga kali dalam seminggu diikuti ibu-ibu dan adik-adik usia TK dan SD.

10. TRAINING MOTIVASI DI SMPN 11
Untuk menyiapkan siswa-siswa SMPN 11 agar sukses melaksanakan ujian, SMPN 11 bekerjasama dengan LMI Madiun menghadirkan trainer dari Jogja yaitu Mr. Fatan Fantastik untuk memberikan trik-trik sukses ujian. Acara ini berlangsung di aula SMPN 11 diikuti seluruh siswa kelas 3, mulai pukul 08.00 sampai 12.00.

11. PROGRAM SEHAT DAN BUAH HATI
Pemberian makanan tambahan adalah salah satu kegiatan yang berlangsung setiap Posyandu Balita. Melalui kader posyandu, LMI Madiun memberikan makanan tambahan di Posyandu jalan Serayu berupa telur dan pisang, posyandu Cempedak berupa kacang hijau dan pisang, posyandu Asahan berupa kacang hijau, posyandu jalan Mojo berupa telur dan kacang hijau dan posyandu jalan Seram berupa telur dan pisang.

12. SANTUNAN UKKIN
Ukkin yang menderita gangguan pembuangan masih rutin menerima santunan kesehatan dari LMI untuk membantu biaya kontrol ke rumah sakit Dr. Soetomo Surabaya.

13. SANTUNAN DHUAFA
Santunan Dhuafa LMI masih kami berikan pada mbah Lasinem, pak Sarju, bu Lilik, pak Mulyono dan pak Slamet yang mengalami kesulitan hidup sehari-hari karena kondisi fisik yang sudah tua sehingga tidak mampu bekerja dan juga beban untuk menghidupi keluarga tidak bisa tercukupi.

14. PEDULI GURU
Kepedulian LMI Madiun kepada guru-guru yang masih bergaji di bawah UMR masih tetap diberikan rutin setiap bulan kepada 30 orang guru TK dan SD.

15. CLUB CENDIKIA
Kegiatan adik-adik Club Cendikia dibidang olahraga masih terus dibina. Sepekan sekali latihan sepakbola di lapangan CPM Setiabudi dan bulu tangkis di SMPN 6 pesertanya ssiwa SD dan SMP.

16. STUDI BANDING KE JOGJA
Untuk meningkatkan skill menulis adik-adik yang tergabung dalam FORRSKI Madiun, hari Ahad (19 April) berkunjung ke markas penulis Jogja yang tergabung dalam PROU. Kunjungan ini dalam rangka menimba ilmu untuk lebih memantapkan diri menjelang hadirnya media da’wah remaja di Madiun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar