Selasa, 28 Juli 2009

Katifah, Janda dengan 4 anak Pintar


Tiga tahun yang lalu pak Lilik Setiono pergi menghadap Illahi meninggalkan sang istri tercinta dan keempat putra putrinya yang masih kecil – kecil. Kematian yang datang setiap saat, membawa kesedihan yang mendalam bagi keluarga ini. Ibu Katifah hanya seorang ibu rumah tangga akhirnya harus berperan sebagai ayah. Saat pak Lilik Setiono pergi, tak ada barang berharga yang beliau tinggalkan bahkan beliau tinggalkan hutang di beberapa tempat.

Bu Katifah bersama keempat putra putrinya saat ini tinggal di rumah yang status tanahnya masih milik Negara. Rumah tembok yang masih kelihatan batu batanya dan berlantai tanah ini terletak di jalan Gajah Mada gg Tepel. Di dalam rumah tersebut hanya terdapat satu tempat tidur beserta beberapa kasur yang sudah usang dan sebuah televisi lama sebesar 14 inci. Saat LMI Madiun bekunjung ke rumah beliau, tidak ada tempat duduk/ kursi di dalam rumah tersebut. Akhirnya kami berdiri di luar rumah.

Putri pertama bernama Risma bersekolah di SMPN 9 kelas VIII, putra kedua (Raka Obit) kelas V, Lulu ( putri ketiga ) kelas 2 dan Tito baru berusia 2 tahun. Meskipun hidup dalam kesederhanaan putra kedua dan ketiga mendapat rangking IV di kelasnya. Untuk memenuhi kebutuhan sehari – hari dan biaya sekolah putra putrinya, beliau harus bekerja mulai pagi sampai siang hari. Bu Katifah berangkat dari rumah setelah semua anaknya berangkat sekolah.

Sambil menggendong putra bungsunya beliau mengayuh sepeda dari SD ke SD dengan membawa dagangannya yang berupa mainan anak – anak dan gorengan ( pisang goreng, tahu isi, dan tempe goreng ). Kegiatan itu beliau lakukan setiap hari tanpa kenal lelah dengan harapan bisa memenuhi kebutuhannya sehari –hari.

Beliau selalu bersyukur meskipun pendapatannya setiap hari tidak tentu, kadang beliau bawa pulang uang sebesar Rp.15.000 – 20.000 sehari. Hasil penjualan itu masih diambil sebagian untuk modal esok hari. Di tengah sulitnya ekonomi keluarga yang dialami keluarganya, ternyata tidak menuyrutkan semangat putra putri beliau untuk selalu rajin sekolah dan tekun belajar untuk mencapai cita – citanya.

Foto-foto Bu Katifah bisa dilihat di http://fotolmimadiun1.blogspot.com/2009/07/janda-dengan-4-anak-pintar.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar