Jumat, 17 Juli 2009

Laporan Kegiatan LMI Cabang Madiun Bulan Juni 2009

Beasiswa Pintar

Ahad, 7 Juni 2009 bertempat di Rumah Pintar, LMI Madiun membagikan beasiswa kepada siswa TK, SD, SMP, dan SMA. Jumlah penerima beasiswa 210 anak, 75 anak berasal dari Kabupaten Madiun (Kare, Gemarang, Saradan) sedangkan 135 anak berdomisili di Kota Madiun. Untuk siswa TK/SD menerima beasiswa sebesar Rp. 30.000,- per bulan, SMP sebesar Rp. 35.000,- dan SMA sebesar Rp. 40.000,-. Siswa penerima beasiswa LMI Madiun berasal dari keluarga tidak mampu yang mengalami kesulitan biaya sekolah.

Bimbel dan Komputer Gratis

Dengan dipandu lima relawan pengajar Bimbel, adik-adik yang duduk di bangku SD kelas 2 s/d 6, SMP kelas 1 dan 2 aktif hadir di Rumah Pintar LMI untuk mempersiapkan diri menghadapi ulangan akhir semester. Setiap sore 20 anak mengikuti kegiatan bimbel gratis, mulai pukul 15.30 WIB sampai 17.15 WIB. Mereka berharap nilai raportnya lebih bagus dari semester kemarin.

Majelis Ta’lim

Kegiatan Majelis Ta’lim di Musholla Al Mukhlisin Jalan Pepaya pada tanggal 1 Juni 2009 menghadirkan Ustadz Munir sebagai narasumbernya, dengan dihadiri sekitar 30 (bapak-bapak dan ibu-ibu) warga sekitar musholla tersebut, begitu juga Majelis Ta’lim di Jalan Cempedak, komplek CPM Jalan Setia Budi dan Musholla Baiturrohman Pringgodani masih berjalan rutin setiap bulan sekali.

Sehati (Sehat Ibu dan Buah Hati)

Program pemberian makanan tambahan di Posyandu Jalan Asahan, Jalan Mojo, Jalan Pringgodani, Jalan Setia Budi dan Jalan Empu Supo merupakan bagian dari program Sehati LMI Madiun.

Rumah Pintar

Kegiatan Bimbel, Komputer dan belajar Al Qur’an setiap hari Senin sampai Jum’at masih bertempat di Rumah Pintar LMI Jalan Semangka 32. Jumlah komputer yang tersedia di Rumah Pintar tidak sebanding dengan peserta komputer gratis memotivasi untuk berusaha menambah lagi jumlah kompputer. Bagi masyarakat yang ingin menyalurkan komputer yang masih layak digunakan bisa menghubungi LMI Cabang Madiun.

Santunan Abang Becak

Seratus abang becak yang tregabung dalam “Paguyuban Becak Sejahtera” menerima paket sembako (Indomie, gula, beras, teh) pada hari Rabu, 27 Mei 2009 bertempat di Rumah Pintar. Program paket sembako abang becak merupakan program kepedulian LMI pada tukang becak yang diberikan rutin setiap sebulan sekali.

Belajar Intensif Alquran

Program belajar intensif Al Qur’an merupakan salah satu program LMI yang mulai diminati ibu-ibu Majelis Ta’lim seiring dengan keinginan mereka untuk tidak buta Al Qur’an. Seminggu dua kali kegiatan BISA berlangsung di Musholla Baiturrohman (Jl. Semangka, Jalan Cempedak, Jalan Bali dan Jalan Pepaya).

Peduli Guru

Setiap bulan LMI memberikan santunan kepada tiga puluh delapan guru TK dan SD yang bergaji di bawah UMR. Santunan ini diberikan untuk sedikit membantu meringankan beban ekonominya.

Club Cendikia

Setiap hari Jum’at sore dan Minggu pagi sekitar 20 anak SD rutin berlatih sepak bola di lapangan CPM. Pak Eko selaku sebagai pelatih anak-anak tersebut selain memberikan latihan yang sifatnya menambah skill juga untuk menjaring anak-anak yang memiliki bakat di olahraga sepak bola.. Selain sepak bola, latihan bulu tangkis juga berlangsung setiap Jum’at malam di SMPN 6 Madiun.

FORSSKI

Untuk membangun dan memperbaiki akhlaq remaja-remaja di Madiun khususnya, LMI kembali memberikan media da’wah “SWEAR” yang dikelola Forum Sie Kerohanian Islam. Forum yang beranggotakan siswa-siswi SMA se-kota Madiun setiap bulan sekali mengadakan kegiatan keIslaman dan membuat buletin remaja.

Santunan Anak Yatim

Setiap sebulan sekali LMI Madiun memberikan santunan pada 100 anak yatim (20 anak dari Kabupaten Madiun dan 80 anak dari Kota Madiun). Masing-masing anak menerima Rp. 40.000,-.

Santunan Kesehatan

Santunan Kesehatan LMI selain diberikan pada Ukkin juga pada bu Misinem seorang ibu yang menderita kanker payudara sejak 8 tahun yang lalu yang tinggal bersama sang suami di Banjarejo. Kami juga memberikan bantuan pengobatan pada pak Rin seorang penderita gagal ginjal yang harus cuci darah setiap bulan sekali. Mbah Miyan juga salah satu penerima santunan kesehatan LMI. Beliau baru saja jatuh saat perjalanan menuju tempat kerjanya. Meskipun usia beliau sudah 70 tahun masih bekerja sebagai pembantu rumah tangga untuk kebutuhan hidupnya.

Santunan Dhuafa

Santunan Dhuafa LMI bulan Juni diberikan pada Pak Sarju, Pak Mulyono, bu Katifah, Pak Katimir, dan mbah Semi.

Raker Kepala Cabang

Sabtu (13 Juni) bertempat di Nasi Pecel Bu Kus Surabaya seluruh Kepala Cabang LMI berkumpul mengadakan Raker guna membahas evaluasi masing-masing cabang dan program-program ke depan LMI. Acara yang dipandu langsung dari LMI Pusat menghasilkan beberapa keputusan yang tujuannya meningkatkan kinerja masing-masing cabang.

Kunjungan Staff LMI ke Solo

Dalam rangka penyempurnaan manajemen penyaluran agar sesuai dengan Syar’i. Manajer dan Staff LMI bersilaturrahmi dan menggali ilmu pada DR. Muinudinillah (Direktur Program Master Pemikiran Islam Pasca Sarjana UMS Surakarta, Direktur Islamic Boarding School Ibnu Abbas Klaten, Direktur Indifa Publishing).

Selain itu kami juga melakukan sharing dengan Ustadz Fahrudin, Lc, Ustadz Shohih Hasan, Lc dan Ustadz Jasiman Lc. Ketiganya adalah dosen di Ma’had Abu Bakar Surakarta yang merupakan kerjasama antara Universitas Muhammadiyah Surakarta dan Pemerintah Arab Saudi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar