Kamis, 19 Maret 2009

PERINGATAN MAULID BARENG SMK 5 MADIUN

SEMINAR MOTIVASI REMAJA SMKN 5 MADIUN

Remaja adalah salah satu kader yang akan meneruskan perjuangan bangsa Indonesia. Lahirnya remaja yang berilmu dan berakhlak mulia merupakan cita-cita setiap lembaga pendidikan formal (sekolah) seperti halnya SMKN 5 Madiun ingin menghasilkan siswa siswi yang berilmu dan berakhlak mulia. Melalui peringatan Maulud Nabi Muhammad SAW, pada hari Jum’at (5/3) SMKN 5 memberikan training motivasi pada siswanya. Bekerja sama dengan LMI Madiun menghadirkan mas Chidmat dari Trusco Surabaya sebagai narasumber dengan tema “The Meaning of Life.”

Acara yang dimulai pukul 08.00 dibuka oleh bapak kepala sekolah SMKN 5. Peringatan Maulud Nabi bukan hanya sekeder acara ceremonial saja, namun sebagai moment bagi siswa SMKN 5 Madiun untuk mengingat dan menjadikan Rosulullah sebagai sosok yang wajib ditiru akhlaknya.

Di awal training mas Chidmat menyampaikan karakter remaja masa kini yang penuh problema hidup karena masa remajanya diisi dengan aktivitas negatif. Beliau mengajak peserta training untuk memotivasi diri menjadi remaja yang berpredikat positif dengan mengisi masa remaja dengan berprestasi, berakhlak mulia sehingga bisa memberikan kontribusi positif kepada orang tua, sekolah, dan masyarakat.

Bagi mereka yang sudah terlanjut terbawa arus negatif, diajak oleh mas Chidmat untuk berbenah diri meninggalkan masa lalu yang kelam untuk menjadi remaja yang baik. Di sela-sela acara tersebut, mas Chidmat juga mengajak peserta melakukan perenungan diri/hipnotis sebagai salah satu cara untuk merasakan kedekatan diri dengan Yang Maha Kuasa.

Mas Chidmat juga mengajak peserta seminar menghilangkan perasaan benci, kesal dan dendam pada masa lalu dengan bermain karet gelang. Setiap peserta mendapatkan 15 karet untuk diputus, mulai 5 karet, 10 karet sampai 15 karet, sehingga rasa benci, dendam, dan kesal pada seseorang akan hilang dan berubah positif jadi pemaaf terhadap orang-orang yang pernah mengecewakan dirinya.

Perubahan sifat positif inilah yang membantu peserta yang bermasa lalu kelam menjadi bersemangat menjalani masa depan yang lebih baik. Dari ekspresi yang ditunjukkan peserta mulai awal hingga akhir acara nampaknya mereka begitu terbawa suasana yang dibangun oleh mas Chidmat hingga tak terasa waktu sudah menunjukkan pukul 11.30.

Antusias pelajar SMKN 5 mengikuti acara ini patut diberi acungan jempol, mereka ingin menjadi sosok remaja yang bisa dibanggakan orang tua. Perubahan ke arah yang lebih baik tidak lepas dari dukungan pihak sekolah untuk memfasilitasi siswanya, seperti halnya yang terjadi di SMKN 5 Madiun. Selain berusaha memberi ilmu, bapak serta ibu pengajar di SMKN 5 Madiun memberikan kebebasan menyelenggarakan kegiatan dan acara yang bertujuan membentuk akhlak yang mulia anak didiknya. Semoga kegiatan ini bisa memberikan manfaat besar bagi perbaikan remaja masa kini.

UNTUK FOTO, KLIK DI SINI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar