Sabtu, 29 Agustus 2009

LAPORAN KEGIATAN BULAN AGUSTUS 2009

LAPORAN KEGIATAN LMI CABANG MADIUN

BULAN AGUSTUS 2009

Periode 20 Juli 2009 – 19 Agustus 2009

PELATIHAN KELUARGA SAMARO

Bertempat di gedung Diklat Pemkot Madiun , Ahad ( 26 Juli ) diadakan pelatihan keluarga sakinah mawadah dan warohmah. Acara yang dihadiri 70 Ustadz dan ustadzah bertujuan untuk membentengi keluarga dai dan daiah agar tetap harmonis meskipun kesibukan mereka cukup banyak menyita waktu sebagai juru dakwah. Dr. Nur Hidayat Sp. Bs sebagai nara sumber acara tersebut.

MAJELIS TA’LIM

Untuk mempersiapkan ruhani memasuki bulan Romadhon, majelis ta’lim LMI Madiun menyajikan materi Tarhib Romadhon. Ta’lim di Musholla Hidayatulloh jalan Seram berlangsung tanggal 26 Juli dengan narasumber Ustadzah Syafarina dan 9 Agustus bersama Ustadz Munir. Sedangkan kamis ( 30 Juli ) dalam rangka memperingati Isro’ Mi’roj di Masjid Al Amin Perum Widodo Kencana Indah 2, Ustadz Sirot menyampaikan materi hikmah Isro’ Mi’roj. Sedangkan di Musholla Al Hidayah ( Cempedak ) bu Riatun menyampaikan materi seputar persiapan Romadhon. Demikian juga di Musholla Al Mukhlisin ( Pepaya ) Ustadz Munir sebagai narasumbernya.

GHATERING LMI CABANG

Mulai hari Sabtu hingga Ahad ( 1 s/d 2 Agustus ) staff beserta kepala cabang, mantan kepala cabang LMI berkumpul di Pujon Malang untuk meningkatkan ukhuwah diantara cabang – cabang LMI. Selain itu kegiatan tersebut juga untuk memacu semangat cabang – cabang LMI agar semakin handal dan solid. Selama dua hari semua peserta mengikuti rangkaian acara mulai pembukaan, sosialisasi program Romadhon, sharing marketing dan program yang disampaikan mas Agus Hariono ( LMI Madiun ), pertemuan antar kepala cabang, out bond di Coban Rondo hingga acara penutupan.

PENGOBATAN GRATIS

Dalam rangkamemperingati HUT RI warga jalan Pringgodani menggelar kegiatan jalan santai serta pengobatan gratis. Baksos pengobatan gratis yang diadakan warga jalan Pringgodani bersama LMI Madiun berlangsung hari Ahad ( 9 Agustus ) bertempat di rumah bapak Zarkasi jalan Pringgodani gg I no 32. Tim medis LMI yang terdiri dari 2 dokter ( dr. Imawan dan dr. Didik ), 2 perawat serta 2 apoteker melayani warga mulai pukul 09.00 hingga 11.00, warga yang berkunjung untuk mendapatkan pemeriksaan dan pengobatan gratis LMI sebanyak 60 orang. Batuk, pilek, panas, tensi, asam urat adalah penyakit – penyakit yang dikeluhkan mereka kepada tim medis.

BEASISWA DAN SANTUNAN ANAK YATIM

Pemberian beasiswa kepada siswa siswi SD, SMP dan SMA yang menjadi anak asuh LMI untuk bulan Agustus tidak ada acara khusus karena adanya perubahan kelas dan sekolah. Demikian juga dalam pemberian santunan kepada 100 anak yatim, penerima santunan tidak dikumpulkan seperti biasanya.

BIMBEL DAN KOMPUTER GRATIS

Setelah libur semester, adik – adik kelas 3,5 dan 6 serta SMP kelas 1 – 3 kembali aktif di Bimbel dan computer gratis setiap hari Senin sampai Kamis. Kegiatan Bimbel LMI dibantu dari mahasiswa IKIP PGRI yang berperan sbagai pengajar tetap mata pelajaran matematika, bahasa Inggris, IPA, serta computer.

SANTUNAN KESEHATAN

LMI masih memberikan bantuan pengobatan kepada Ukkin yang tiap bulan sekali harus control di rumah sakit. Selain memberikan santunan kesehatan, LMI juga memberikan bantuan dari salah seorang donatur untuk tambahan modal bagi Ukkin yang sangat ingin mandiri dengan berdagang. Bu Misinem penderita kanker payudara selama 8 tahun juga mendapatkan bantuan pengobatan.

SANTUNAN DHUAFA

Penerima santunan dhuafa LMI bulan ini adalah pak Agus seorang pemulung barang – barang bekas, pak Slamet dan pak Sarju lansia yang sudah tidak mampu bekerja, pak Mul seorang tukang becak yang sering kambuh sakitnya, bu Katifah janda dengan 4 orang anak dan pak Doto yang harus merawat istrinya setiap hari karena penyakit kanker.

BANTUAN PENDIDIKAN

LMI menyerahkan bantuan biaya sekolah Danang dan Samsul yang saat ini hanya tinggal dengan kakek neneknya di daerah Kare. Karena himpitan ekonomi membuat Danang tidak bisa melanjutkan sekolah. Dengan bantuan donatur LMI, saat ini Danang kembali bisa bersekolah di MTSN Kare kelas 3.

BANTUAN AGUS

Untuk ketiga kalinya LMI cabang Madiun menyerahkan bantuan kepada Agus Purwanto yang sedang menderita suatu penyakit yang menyebabkan tubuhnya lumpuh total. Sudah 13 tahun lamanya Agus hanya bisa berbaring diatas ranjangnya dengan ditemani sang ibu. Setiap hari obat harus dikonsumsinya untuk mengurangi rasa sakit di tubuhnya. Selain menyerahkan bantuan dalam bentuk uang, LMI juga menyerahkan bantuan sembako dan kasur. Semoga kedatangan LMI bisa memotivasi Agus untuk tetap sabar dan bersemangat dalam menjalani kehidupan.

BANTUAN AL QUR’AN DAN IQRO’

Di bulan Agustus LMI Madiun menyerahkan bantuan Al Qur’an dan Iqro’ pada Paud Bintang Harapan Geger, TPA Al Mujahidin jalan Nitikusumo dan Musholla Al Hidayah Pilangbangu.

BANTUAN KE PANTI ASUHAN AL IHSAN PONOROGO

Bersamaan dengan penyerahan bantuan pada Agus Purwanto Ponorogo, LMI juga menyerahkan santunan beasiswa pada 15 anak yatim dan dhuafa yang tinggal dipanti asuhan Al Ihsan Jenangan Ponorogo.

SEHATI

Pemberian makanan tambahan di Posyandu Cempedak, Mojo dan Pringgodani berupa bubur kacang hijau. Kegiatan timbang badan dan ukur tinggi badan merupakan aktivitas rutin dilaksanakan di posyandu tersebut. Selain aktivitas tersebut, setiap balita mendapatkan vitamin A.

BANTUAN MASJID NURUL ISLAM KANUNG

LMI Madiun menyerahkan bantuan untuk perbaikan Masjid Nurul Islam Kanung Sawahan yang saat ini dalam proses renovasi. Bantuan serupa juga diserahkan ke Musholla Al Ikhlas Kecamatan Kare Kabupaten Madiun. Disamping penyaluran di Madiun, LMI juga akan menyerahkan bantuan kepada 4 masjid dan musholla di Kabupaten Ngawi.

PEDULI GURU

Santunan rutin LMI kepada 38 guru di bawah UMR masih terus digulirkan sebagai bentuk kepedulian kepada guru – guru TK dan MI.

BANTUAN ANAK JALANAN

Bantuan LMI kepada serikat anak jalanan Madiun untuk kegiatan peringatan HUT RI ke 64 yang diisi dengan berbagai macam acara.

CLUB CENDEKIA

Adik adik yang tergabung dalam club Cendekia melakukan latihan sepakbola setiap Sabtu dan Minggu di lapangan CPM jalan Setiabudi yang dilatih pak Eko, peserta latihan sebanyak 20 anak SD.

BISA

Program belajar intensif Al Qur’an berlangsung di jalan Cempedak, Semangka, Pepaya dan jalan Bali yang diikuti ibu – ibu dan anak – anak SD warga sekitar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar