Kamis, 12 Februari 2009

LAPORAN KEGIATAN LMI MADIUN BULAN JANUARI 2009

LAPORAN KEGIATAN LMI CABANG MADIUN
BULAN JANUARI 2009


Pengobatan Gratis

Dalam rangka memperingati Tahun Baru Islam Masjid Besar Darul Ulum Taman menggelar acara jalan santai, pengajian, dan pengobatan gratis pada tanggal 28 Desember. Di acara tersebut LMI Madiun turut berpartisipasi peduli kesehatan dengan pengobatan gratis. LMI Madiun melibatkan 2 perawat, 1 dokter, dan 1 apoteker sebagai tim medis. Pendaftaran dibuka pukul 09.00 yang dilayani oleh salah satu staff LMI. Dari data pendaftaran yang datang di pos kesehatan LMI sebanyak 65 orang dengan keluhan sakit flu, hipertensi, diare, mag. Selain berobat, ada juga yang hanya ingin konsultasi kesehatan dengan dokter. Seperti kegiatan pengobatan sebelumnya, LMI juga memberikan obat secara gratis. Alhamdulillah acara pengobatan gratis berakhir pukul 11.30. Tak lupa ucapan terima kasih disampaikan panitia peringatan Muharrom pada LMI Madiun atas kerjasamanya.


Aksi Penggalangan Dana untuk Palestina

Sebagai bentuk solidaritas LMI Madiun sebagai lembaga sosial kepada bangsa Palestina, pada tanggal 11 Januari diadakan “Aksi Penggalangan Dana Palestina” bertempat di depan Plasa Matahari. Dengan melibatkan sekitar 50 adik-adik SMA yang sering terlibat dalam kegiatan LMI, aksi dimulai pukul 10.30. Aksi yang bertemakan “One Man One Dollar” ini bertujuan untuk menggalang dan menghimpun dana masyarakat yang berkeinginan menyalurkan sebagian rejekinya untuk bangsa Palestina.

Dengan menampilkan dua orator, LMI Madiun mengajak dan menghimbau masyarakat kota Madiun yang saat itu lewat di depan Plasa Matahari untuk membantu rakyat Palestina. Selain himbauan lewat orasi, LMI juga membagikan brosur “One Man One Dollar for Palestina” kepada masyarakat pengguna jalan Pahlawan. Acara yang sempat memacetkan jalan Pahlawan ini, semakin menarik dengan diadakannya aksi pembakaran tiruan bendera bangsa Israel sebagai bentuk protes atas kekejaman bangsa Israel kepada bangsa Palestina. Aksi berakhir pukul 11.30 dan berhasil mengumpulkan dana sebesar 2,7 juta. Kepada masyarakat Madiun yang ingin menyalurkan dana untuk membantu Palestina bisa menghubungi LMI Madiun.


Studi Banding

Bersamaan dengan acara penggalangan dana Palestina, pada hari Ahad pagi (11/1) di rumah Pintar jalan Semangka 32 LMI Madiun kedatangan tamu dari LMI Cabang Pasuruan, Malang, Lamongan dan Magetan untuk studi banding di LMI Madiun. Alasan yang menjadikan mereka datang ke Madiun adalah perkembangan LMI Madiun yang cukup pesat membuat mereka ingin mengetahui mekanisme kerja LMI Madiun. LMI Pasuruan mengirimkan 3 orang staf beserta manajer cabangnya, Magetan 3 orang staff bersama manajer cabangnya. Dari Malang diwakili oleh Manajer Cabang Malang. LMI lamongan diwakili oleh manajer divisi marketing. Acara yang dimulai pukul 07.30 dibuka oleh bapak Manajer LMI Madiun. Pertanyaan-pertanyaan datang silih berganti ditujukan kepada tiga orang staff LMI Madiun. Pertanyaan-pertanyaan tentang masalah program, marketing, dan kebijaksanaan kantor disampaikan Pasuruan, Malang, Magetan, serta Lamongan.
Setelah aksi peduli Palestina kita mengunjungi budidaya jamur sebagai program pemberdayaan LMI Madiun.


Raker LMI Cabang Madiun

Untuk menyiapkan program-program kerja selama satu tahun, pada tanggal 10 Januari bertemat di Rumah Makan Lesehan Ayam Bakar Banjarejo, LMI Cabang Madiun menyelenggarakan Raker. Acara yang dimulai pukul 08.30 dibuka oleh bapak Miftahurrohman, SE selaku manajer cabang LMI Madiun dan dihadiri semua staff LMI Madiun. Masing-masing divisi sudah menyiapkan program-program kerja yang akan dilaksanakan selama satu tahun.

Pembahasan rencana kerja divisi program baru berakhir pukul 21.00 sementara bapak manajar cabang LMI Madiun belum memberikan ulasan-ulasan tentang sistem operasional internal LMI Madiun. Baru pada tanggal 17 Januari raker cabang LMI Madiun dilanjutkan, bertempat di rumah pintar LMI setelah sholat Dhuhur. Acara dibuka bapak manajer dilanjutkan strategi-strategi beliau untuk memperbaiki dan meningkatkan mekanisme kerja LMI Madiun. Sistem operasional internal keuangan, pelaporan serta pengawasan menjadi bahasan utama. Program-program kerja yang sudah dilakukan LMI Madiun pada tahun 2008 merupakan salah satu bahan acuan kerja tahun 2009. Semoga di tahun 2009 nanti pengelolaan LMI Madiun semakin baik.


Beasiswa Pintar

Ahad (28/12) LMI Madiun memberikan beasiswa kepada 150 anak yatim dan dhuafa. Acara yang dimulai pukul 09.00 dibuka oleh Kadiv Divisi Program ibu Yuli Susanti. Dalam kegiatan ini sekaligus dijadikan moment peringatan Tahun Baru Islam, dengan menghadirkan bapak Fauzi sebagai pembicara acara ini. Dengan tema “Tahun Baru Harapan Baru” beliau mengajak kepada anak-anak penerima beasiswa LMI untuk memiliki visi dan misi hidup yang lebih baik di tahun 1430 H. Adik-adik diharapkan tidak putus asa bila di tahun 1429 H belum berhasil dalam mengerjakan sesuatu. Acara ini diakhiri dengan pembagian beasiswa anak-anak TK, SD, SMP dan SMA.


Majelis Ta’lim

Jumlah majelis ta’lim LMI semakin bertambah setiap bulannya, ini menunjukkan bahwa masyarakat sangat membutuhkan siraman rokhani. Majelis Ta’lim di musholla Baiturrohman Pringgodani berlangsung pada tgl. 6 Januari sebagai narasumber Ustadz Munir dalam rangka memperingati Tahun Baru Islam. Acara ini yang dihadiri sekitar 70 warga sekitar jalan Pringgodani. Moment peringatan tahun baru Islam juga menjadi moment penting bagi musholla Al Hidayah dan musholla Al Amin Sidoluhur.


Sehati (Sehat Ibu dan Anak)

Di tahun 2009 LMI Madiun menggulirkan Program Sehat Ibu Dan Anak dengan memberikan makanan tambahan pada Posyandu Balita. Di posyandu jalan Cempedak pemberian makanan tambahan kepada 30 balita berlangsung hari Selasa (13/1), sedangkan di posyandu jalan Mojo pada hari Rabu (14/1) dengan kacang hijau dan kue kepada 25 balita. Selain pemberian makanan tambahan, program Sehati LMI Madiun juga akan memberikan penyuluhan kesehatan dan gizi. Semoga bulan Pebruari jumlah Posyandu yang didatangi LMI Madiun bertambah jumlahnya. Tenaga penyuluh gizi dan kesehatan yang ingin bergabung bersama LMI silahkan kontak ke nomor 7737722.


Penggalangan Dana Forum Guru TK se Kecamatan Taman

Forum kepala sekolah TK se-kecamatan Taman meluncurkan aksi penggalangan dana Palestina pada pertemuan rutin bulanan yang berlangsung di TK Kartika Bhakti. Aksi ini dikoordinir ibu Wiwik (kepala sekolah TK Tunas Bangsa) selaku pengurus K3 TK (Kelompok Kerja Kepala TK). Di acara tersebut LMI Madiun diberi kesempatan memperkenalkan profil LMI sekaligus program-programnya yang disampaikan bu Yuli selaku wakil dari LMI. Bentuk kepedulian sosial forum kepala TK kecamatan Taman patut menjadi contoh bagi instansi-instansi lainnya.



Lomba Mewarna


Ahad (11/1) di musholla Baiturrohman berlangsung lomba mewarna kaligrafi yang diikuti sekitar 90 anak TK dan SD. Lomba ini diadakan dalam rangka memperingati Tahun Baru Islam. Acara yang berlangsung mulai pukul 9 diisi juga dengan cerita anak sehingga menambah semaraknya kegiatan tersebut.


Kunjungan Staff LMI Surabaya

Selain dikunjungi LMI Pasuruan, Magetan, Malang dan Lamongan, di bulan Januari LMI kedatangan salah satu staff LMI Surabaya untuk mempelajari program budidaya jamur binaan LMI Madiun yang ada di Kare. Bersama bapak majaner Cabang Madiun dan dua orang staff, mengantarkan staff LMI Surabaya ke lokasi budidaya jamur. Hampir satu jam tamu kita ini berdialog dengan ketua pokja jamur di Kare. Semoga kedatangan beliau ke Madiun bisa membawa manfaat untuk pengembangan program pemberdayaan ekonomi masyarakat di seluruh cabang LMI.


Santunan Kesehatan

Bantuan pengobatan selain kami berikanb pada ukkin yang masih terus melakukan control rutin ke Surabaya juga kami berikan kepada salah satu pengasuh TPA Al-Husna yang baru saja menjalani operasi kanker payudara. Setelah menjalankan kemoterapi tidak berhasil. Akhirnya diputuskan harus menjalani operasi. Semoga bantuan LMI bisa sedikit meringankan beban ibu Septi.


Santunan Dhuafa

Mbah Lasinem yang mengalami gangguan penglihatan, masih tetap mendapatkan santunan dari LMI untuk membantu makan sehari-hari. Beliau sudah tidak bisa bekerja lagi, selain karena gangguan penglihatan juga karena beliau sudah tua. Sementara putra beliau yang tinggal di sebelah rumahnya juga harus menjalani cuci darah tiap bulannya (sakit ginjal). Selain mbah Lasinem LMI juga memberikan santunan pada pak Mulyono yang tinggal di jalan Seram. Penghasilan sebagai tukang becak yang tidak menentu dengan menanggung biaya sekolah ketiga putranya membuat beliau mengalami kesulitan ekonomi.



Rumah Pintar


Kegiatan rutin yang berlangsung di rumah Pintar selain program pemberian beasiswa yang berlangsung pada tanggal 4 Januari juga sebagai tempat kegiatan program BISA (belajar intensif Alqur’an) serta pembinaan penerima beasiswa dan santunan peduli guru. Untuk program bimbel gratis dan perpustakaan Insya Allah mulai beraktivitas kembali bulan Februari.



Peduli Guru


Santunan untuk guru masih kami berikan kepada 38 guru TK dan MI. Di tahun 2009 ini, LMI Madiun selain memberikan santunan juga merencanakan membantu income guru-guru tersebut lewat program pemberdayaan guru dengan memberikan tambahan penghasilan mereka dengan memberikan job sebagai tenaga pengajar di Rumah Pintar (guru bimbel dan guru ngaji).



BISA

Setiap hari Senin – Jum’at kegiatan belajar Al-Qur’an masih tetap berlangsung di rumah pintar. Peserta program ini mulai siswa SD, SMP dan SMA yang bertempat tinggal tidak jauh dari Rumah Pintar. Mereka yang mengikuti program ini tidak dipungut biaya / gratis. Bagi masyarakat yang ingin bergabung dalam program BISA bisa menghubungi LMI Madiun, insya Allah kami siap melayani.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar