Senin, 16 Februari 2009

SEHAT IBU DAN BUAH HATI






Tepat sasaran, itulah hal yang diharapkan donatur untuk setiap program yang diluncurkan LMI Madiun. Program LMI Madiun tidak berhenti di satu lokasi saja. Hari Senin(16 Peb) untuk yang kedua kalinya LMI Madiun singgah di posyandu RT 9 RW 3 jalan Mojo untuk memberikan penyuluhan gizi dan pemberian makanan tambahan pada 25 balita.

Kegiatan posyandu dimulai pukul 09.30 diawali dengan penimbangan berat badan dan pengukuran tinggi badan balita yang sudah datang di posyandu. Hasil penimbangan dan pengukuran dicatat kader posyandu dibuku laporan kegiatan posyandu dan kartu sehat yang dimiliki setiap balita. Pencatatan ini untuk mengetahui perkembangan balita setiap bulan.
Karena bulan Pebruari bulan vitamin A setiap balita ditetesi vitamin A oleh kader posyandu. Suara tangis balita melengkapi ramainya suasana posyandu saat adik-adik balita diberi vitamin A. Di kegiatan ini LMI Madiun memberikan makanan tambahan berupa kue nagasari dan pisanghijau.

Selain menerima dua macam makanan (nagasari dan pisang) setiap balita menerima semangkuk soto.Sambil menyuapi putra-putrinya, ibu-ibu yang hadir mendengarkan penyuluhan gizi yang disampaikan mbak Ani(ahli gizi alumni UGM). Beliau menyampaikan materi”Pentingnya Gizi Bagi Tumbuh kembang Balita”. Beberapa pertanyaan juga terlontar dari mereka. Bahkan ada yang mengusulkan agar penyuluhan seperti itu rutin diadakan sebulan sekali.

Di hari yang sama kami juga mengunjungi posyandu RW 1 Kelurahan Kejuron di halaman rumah mbak Ami salah satu warga jalan Seram. Seperti di posyandu lainnya, di posyandu ini juga ada kegiatan timbang berat badan, ukur tinggi badan, pemberian makanan tambahan serta pemberian vitamin A.

Saat kami datang, kegiatan sudah berlangsung.Empat kader posyandu dengan telaten melayani satu demi satu. Balita yang datang di posyandu banyak dari kalangan ekonomi lemah dimana penghasilan setiap harinya tidak tetap.

Tidak lupa LMI Madiun juga memberikan makanan tambahan berupa puding putih telur dan mie telur pada setiap balita. Dari kader posyandu juga berharap LMI bisa memberikan penyuluhan kesehatan dan gizi pada bulan Maret.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar