Jumat, 13 Agustus 2010

LAPORAN KEGIATAN LMI CABANG MADIUN Bulan Juli 2010

A. AREA PENYALURAN KOTA MADIUN

1. Majelis Ta’lim

Kegiatan rutin ke-Islaman berlangsung di mushola Baiturrohman jalan Pringgodani selesai sholat Isya’ dan Musholla Al-Hidayah jalan Cempedak pada sore hari yang dihadiri 40 ibu-ibu yang tinggal di sekitar jalan Cempedak.



2. Santunan Abang Becak

Seratus lima puluh abang becak yang berasal dari tiga kecamatan kota Madiun menerima sembako berisi gula, beras, teh dan mie di kantor LMI Madiun.



3. Santunan Dhuafa

Santunan tiap bulan untuk membantu kebutuhan sehari-hari diberikan pada pak Doto, pak Slamet, pak Sarju, pak Slamet, mbah Semi serta mbah Lasinem.



4. Santunan Kesehatan Dhuafa

LMI memberikan bantunan biaya pengobatan kepada seorang warga kecamatan Kartoharjo yang menderita tumor untuk berobat ke Surabaya, ukkin yang setiap bulan sekali rawat jalan ke Surabaya serta bu Marsinem penderita kanker payudara.



5. Peduli Da’i

Untuk membantu kegiatan syiar Islam di masyarakat, LMI memberi bantuan dalam bentuk program peduli Da’i.



6. Club Cendikia

Latihan bulu tangkis dan futsal seminggi dua kali merupakan agenda kegiatan Club Cendikia.



7. Nasi Bungkus untuk Dhuafa

Setiap pekan sekali salah satu donatur LMI menyalurkan kepeduliannya melalui LMI berupa nasi bungkus sebesar 50 bungkus yang kami bagikan ke panti asuhan, komunitas abang becak dan keluarga tidak mampu.



8. Bina Usaha Mandiri

Bantuan modal berikan pada pak Imam seorang penjual soto ayam di Manisrejo serta pak Suparmin penjual pentol bakso.



9. Outbond Anak Asuh LMI

Untuk mengisi liburan semester 2, kegiatan anak asuh LMI berupa outbond di Grape yang diikuti sekitar 50 anak dengan dipandu pak Didik Cs mereka diajak untuk membangun kepercayaan diri



10. Pelatihan baca Al-Qur’an di musholla Baiturrohman

LMI memberikan bantuan untuk acara pelatihan baca Al-Qur’an bertempat di Musholla Baiturrohman jalan Semangka yang diikuti warga sekitar musholla. Kegiatan ini dalam rangka memperingati Isro’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW.



11. Pelatihan Problem Solving

Untuk membantu para ustadzah mengatasi dan menyelesaikan permasalahan yang terjadi di dunia da’wah, pelatihan problem solving merupakan salah satu bentuk acara yang tepat bagi mereka. Acara ini dipandu oleh tim Bina Ummat.



12. Ayo Sekolah

Mahalnya biaya pendidikan merupakan salah satu permasalahan bagi keluarga tidak mampu. Biaya daftar ulang masuk SD, SMP dan SMA adalah problem orang tua siswa tidak mampu. Untuk membantu hal tersebut LMI Madiun menjadikan program “Ayo Sekolah” untuk mencegah terjadinya putus sekolah akibat ketidakmampuan mereka untuk bersekolah ke jenjang lebih tinggi. LMI memberikan bantuan kepada 15 anak yatim dan dhuafa yang tidak mampu membayar daftar ulang masuk SD, SMP dan SMA di kota Madiun.



13. Wakaf Al-Qur’an

LMI menyerahkan 20 buah Al Qur’an kepada mahasiswa UII yang saat ini sedang melakukan KKN di Takeran Magetan untuk diserahkan pada masyarakat disana.







B. AREA PENYALURAN KABUPATEN MADIUN

1. Santunan Dhuafa

Santunan rutin tiap bulan diberikan pada mbah Marto Daud seorang penjual lincak keliling yang tinggal di Kertosari dan berusia 75 tahun.



2. Seminar Parenting

LMI memberikan bantuan kegiatan seminar parenting yang diadakan Salimah kabupaten Madiun pada tanggal 11 Agustus.



3. Seminar Remaja

Untuk menanggulangi kenakalan remaja khususnya di Maospati, SMA Negeri 1 Maospati mengadakan seminar remaja yang mendatangkan narasumber dari Pro U Jogjakarta



4. TPA

Untuk meningkatkan kemampuan membaca Al Qur’an siswa SDN 01 Wayut, LMI menyerahkan bantuan rutin setiap bulan untuk menunjang kegiatan tersebut.

C. AREA PENYALURAN KABUPATEN PONOROGO

1. Peduli Guru Prasejahtera

LMI memberikan bantuan pada 20 guru honor yang bertugas di SDN 2 Dayahan dan SDN 03 Watubonang Badegan yang setiap bulan hanya mendapatkan honor Rp. 150.000.



2. Khitanan Massal

LMI memberikan bantuan kegiatan khitanan massal di kecamatan Jambon pada liburan semester 2. Kegiatan ini diikuti 30 anak SD dari keluarga tidak mampu.

3. Rumah Pintar

Kegiatan bimbingan belajar di dusun Sidowayah kecamatan Jambon berlangsung seminggu 2 kali bertempat di musholla dusun tersebut yang diikuti 40 anak SD.



4. Bantuan Panti Asuhan

LMI memberikan bantuan pada Panti Asuhan Al-Ihsan Jenangan Ponorogo untuk membantu kegiatan anak yatim yang tinggal di panti tersebut. Selain bantuan kegiatan LMI juga menyerahkan beasiswa kepada 15 anak yang bersekolah di SMP dan SMA.

***LMI***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar