Jumat, 13 Agustus 2010

LAPORAN KEGIATAN LMI CABANG MADIUN BULAN MEI 2010

I. KOTA MADIUN

1. Rumah Pintar

Kegiatan Bimbel gratis berlangsung di rumah pintar LMI mulai hari Senin sampai Kamis mulai pukul 15.30. selain di LMI kegiatan bimbel juga berlangsung di jalan Trengguli. Mata pelajaran yang diberikan Matematika, Bahasa Inggris dan IPA.

2. Majelis Ta’lim

Majelis ta’lim sebulan sekali berlangsung di mushola Baiturrohman Pringgondani, Miftahul Jannah Pringgondani, ibu-ibu di Sukosari, ibu-ibu di lingkungan Joeranan serta di mushola Al Hidayah jalan Cempedak.

3. Santunan Anak Yatim

Bertempat di rumah pintar LMI Ahad (25/04), 110 anak yatim non panti asuhan menerima beasiswa rutin tiap bulan. Penerima beasiswa adalah siswa-siswi SD, SMP, SMA yang berdomisili di kota Madiun. Bersamaan dengan acara tersebut LMI juga memberikan ketrampilan membuat boneka, dompet, bros, dari kain flannel pada siswi SMP dan SMA. Sedangkan siswa SD dan SMA diisi dengan pembinaan kerohanian masalah sholat dan wudhu.

4. Santuan Dhuafa

Santunan rutin untuk keluarga tidak mampu diberikan pada mbah Taminah, pak Sarju, pak Slamet, pak Budi dan mbah Semi untuk membantu kebutuhan sehari-hari mereka.

5. Santuan Abang Becak

Seratus orang abang becak menerima santunan sembako berisi beras, gula, the dan mie. Selain memberikan sembako LMI juga bekerjasama dengan bulan sabit merah menghadirkan dr. Andi memberikan penyuluhan tentang efek minuman keras bagi kesehatan.

6. Santunan Kesehatan Dhuafa

Untuk meringankan biaya rawat jalan setiap bulan LMI memberikan bantuan biaya pengobatan kepada Ukkin penderita kelainan anus, ibu Lusi penderita gagal ginjal yang setiap bulan harus cuci darah, ibu Ngatini penderita diabetes dan jantung yang harus dirawat dan akhirnya beliau meninggal saat perawatan di rumah sakit.

7. Peduli Da’i

Untuk syiar di masyarakat, LMI memberikan bantuan untuk menunjang program-program da’wah tersebut.

8. Makan Siang bersama Anak Yatim di Panti Asuhan Siti Hajar

Bertempat di panti asuhan Siti Hajar jalan Joeranan berlangsung makan siang dan doa bersama yang dipimpin langsung pengurus panti. Acara ini terselenggara berkat kerjasama anatar LMI dengan salah satu donatur yang mempunyai hajat aqiqah. Selain itu LMI juga memberikan bantuan Al Qur’an serta iqro dan uang saku yang diberikan langsung kepada mereka.

9. Bantuan Santuan Pendidikan

Bantuan pendidikan untuk pelunasan administrasi sekolah diberikan Fahmi dan Risco siwa SMPN yang ada di Madiun. Bantuan berupa sepatu juga diberikan pada Rini salah satu anak yatim penerima beasiswa LMI.

10. Club Cendekia

Latihan bulutangkis dan futsal yang berlangsung seminggu sekali merupakan agenda rutin pembinaan olahraga yang dilakukan club cendekia.

11. Up Grading Satff LMI

Kepala cabang beserts 5 orang staffnya pada tanggal 25 April berangkat ke Blitar mengikuti kegiatan up grading dalam rangka meningkatkan kinerja SDMnya.

12. Bantuan Seminar SALIMAH

Untuk menyukseskan acara seminar yang berjudul “Tanggap Darurat Kecelakaan dalam Rumah Tangga” yang berlangsung di aula RSU Dr. Soedhono pada tanggal 15 Mei yang diselenggarakan oleh SALIMAH, LMI berperan sebagai sponsor di acara tersebut.

13. Nasi Bungkus Dhuafa

Setiap sebulan sekali LMI memberikan 50 nasi bungkus kepada abang becak dan panti asuhan. Kegaiatan ini terselenggara berkat kepedulian salah satu donatur LMI yang berprofesi sebagai dokter.

14. Santunan Eka

Eka adalah salah satu siswa lulusan SMKN di Madiun yang berprestai. Karena prestasinya Eka mendapatkan kesempatan mengikuti tes calon penerima beasiswa perguruan tinggi yang diselenggarakan oleh ETOS. Karena kondisi keluarganya yang tidak mampu, LMI memberikan biaya perjalan Eka saat mengikuti tes ETOS yang berlangsung di kota Malang.

15. BISA

Program belajar Al Qur’an berlangsung di musholla Baiturrahman jalan Semangka dan jalan Cempedak

II. KABUPATEN MADIUN

1. Santuan Dhuafa

Diberikan kepada mbah Marto Daud seorang kakek yang berusia 75 tahun yang tinggal di desa Kertosari Kaibon. Beliau berprofesi sebagai pembuat bangku atau lincak dari bamboo yang memasarkan dagangannya dengan berjalan kaki seminggu dua kali ke kota Madiun.

2. TPA SDN 01 Wayut

Untuk memberantas buta Al Qur’an,. TPASDN 01 Wayut bekerjasama dengan LMI menyelenggarakan TPA di SD tersebut. TPA yang diikuti siswa-siswa SDN 01 Wayut berlangsung setiap hari Rabu dan Jum’at mulai pukul 12.15 hingga 14.00

3. Beasiswa Dhuafa

Setiap bulan LMI memberikan beasiswa dhuafa kepada 40 siswa SD, SMP, dan SMA yang berdomisili di Pilangkenceng dan Gemarang. Beasiswa ini diberikan untuk siswa yang berasal dari keluarga tidak mampu yang pada umumnya orangtua mereka berprofesi sebagai buruh tani.

4. Santuan Anak Yatim

Beasiswa yatim diberikan rutin setiap bulan kepada 45 anak yatim non panti asuhan yang tinggal di Saradan dan Gemarang yang kondisinya cukup memprihatinkan dari segi ekonomi.

5. Bantuan Masjid

LMI memberikan bantuan pada masjid Baitussalam Balerejo yang sedang membuat jalan alternative untuk memudahkan masyarakat di sekitar masjid sholat di masjid Baitussalam.





III. KABUPATEN PONOROGO

1. Sarapan Pagi di SDN 02 Dayakan Badegan

Sabtu (01/05) tim LMI Madiun mengunjungi SDN 02 dayakan Badegan Ponorogo dengan program “Sarapan Pagi dan Minum Susu” bersama sisa SDN 02 Dayakan. Acara yang diikuti 100 siswa mulai kelas 1 sampai dengan kelas 6 merupakan salah satu program LMI Madiun untuk membantu memperbaiki gizi siswa SDN 02 Dayakan yang sering mengalami pingsan di sekolah karena mereka tidak sarapan pagi padahal perjalanan mereka ke sekolah cukup jauh. Di acara tersebut LMI juga menyerahkan bantuan sarapan pagi selama satu bulan dari salah satu donatur LMI yang terketuk hatinya dengan kondisi mereka.

2. Santunan Yatim dan Uang Saku untuk SDN 02 Dayakan dan SDN 03 Watubonang.

Di SDN 02 Dayakan dan SDN 03 Watubonang, LMI memberikan beasiswa kepada 24 anak yatim. Selain beasiswa, semua siswa sekolah tersebut juga menerima uang saku. Sebanyak 246 siswa menerima uang saku dari LMI.

3. Bantuan Buku Tulis, Tas, dan Sepatu

Di hari yang sama, sabtu (01/05) LMI menyerahkan bantuan sepatu, buku tulis dan tas yang diterima langsung bapak kepala SDN 02 Dayakan. Bantuan ini untuk menambah inventaris peralatan sekolah SDN 02 Dayakan yang nantinya akan diberikan kembali kepada siswanya.

4. Bimbingan Belajar Gratis di Desa Sidowayah Jambon

Keinginan warga Sidowayah untuk memberikan tambahan pelajaran pada putra-putrinya secara gratis akhirnya terwujud. Kegiatan bimbel terselenggara berkat kerjasama anatara LMI dengan relawan-relawan yang berdomisili di kecamatan Jambon.

5. Santunan Dhuafa di Jambon

Sabtu (01/05) tim LMI berkunjung di dusun Wonopuro Jambon yang merupakan salah satu dudun yang terisolir di wilayah Ponorogo. Di dusun ini LMI menyeahkan santunan kepada 30 anak yang tinggal di dusun Wonopuro.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar