Jumat, 09 April 2010

LAPORAN KEGIATAN BULAN JANUARI 2010

LAPORAN KEGIATAN LMI CABANG MADIUN
BULAN JANUARI 2010


1. Beasiswa Dhuafa
Program pemberian beasiswa kepada 250 anak SD, SMP dan SMA berlangsung pada hari Senin (25/1) di kantor LMI Madiun. Penerima Beasiswa terdiri dari 175 anak berasal dari kota sedangkan 75 anak berasal dari wilayah kabupaten Madiun. Di acara ini LMI juga membagikan nasi kotak dari salah seorang donatur yang memiliki hajat aqiqoh.

2. Peduli Guru Prasejahtera
Santunan kepada 40 guru TK dan MI dengan nominal Rp. 40.000 diserahkan Kepala Cabang LMI kepada kepala sekolah penerima santunan guru. Selain pemberian snatunan, forum ini juga membahas program-program yang ingin dilakukan guru-guru penerima santunan LMI.

3. Rumah Pintar
Kegiatan bimbingan belajar dan komputer gratis yang dibimbing mahasiswa/ mahasiswi IKIP PGRI Madiun berlangsung di kantor LMI, Jl. Trengguli, Panti Asuhan Darut Taubah, Bimbel dan komputer gratis yang berlangsung mulai hari Senin – Ahad diikuti sekitar 45 anak SD dan SMP.

4. Majelis Ta’lim
Pengajian rutin LMI sebulan sekali berlangsung di musholla Baiturrohman Pringgodani, masjid Al Amin perumahan Widodo Kencono, musholla Al Hidayah Jl. Cempedak serta majelis ta’lim jalan Trengguli yang berlangsung sepekan sekali.

5. Santunan Anak Yatim
Santunan rutin tiap bulan kepada 100 anak yatim diserahkan pada hari Selasa (26/1) di kantor LMI sebanyak 85 anak dari kota sedangkan 15 anak dari kebupaten Madiun. Di acara ini LMI kedatangan salah satu donatur yang ingin terlibat di acara tersebut sekaligus beliau ingin berbagi dengan mereka memberi nasi kotak.

6. Santunan Abang Becak
Seratus abang becak menerima sembako berisi gula, beras, teh dan mie serta uang saku pada hari Jum’at (29/1). Acara yang berlangsung mulai pukul 08.00 diisi dengan pelatihan kesehatan (cara penanganan awal gawat darurat) dari tim Bulan Sabit Merah Indonesia (BSMI).

7. Santunan Dhuafa
LMI masih tetap memberikan santunan rutin tiap bulan pada mbah Semi seorang nenek berusia lebih dari 60 tahun yang sudah tidak mampu lagi bekerja, pak Doto salah seorang tukang becak yang harus mengurus dan merawat sang istri yang menderita kanker payudara, pak Sarju yang hidup seorang diri di kamar sempit rumah tetangganya, pak Slamet dan pak Budi seorang pemulung sampah dan mbah Lasinem janda yang hidup sebatang kara.

8. Santunan Kesehatan Dhuafa
Untuk membantu meringankan biaya rawat jalan ukkin ke Surabaya yang memiliki anus sejak lahir LMI memberikan santunan rutin tiap bulan. Bantuan pembelian obat juga diberikan pada ibu Marsinem penderita kanker payudara. Sedangkan Pak Sarju menerima bantuan kesehatan LMI berupa kacamata.

9. Peduli Dai
LMI memberikan bantuan untuk pelaksanaan program-program dakwah di masyarakat.

10. Bantuan Kegiatan Hari Ibu
Bantuan kegiatan hari Ibu diberikan salimah kabupaten Madiun untuk meningkatkan kapasitas seorang ibu melalui acara seminar.


11. Santunan Dhuafa keluarga Danang
Untuk meringankan kebutuhan hidup sehari-hari dan membantu pendidikan adiknya Danang LMI menyerahkan bantuan dari salah seorang donatur yang berasal dari luar kota Madiun.

12. Bantuan Panti Asuhan
LMI menyerahkan bantuan untuk keperluan anak-anak yatim di panti asuhan Nailul Muna Saradan. Sedangkan di panti asuhan Al Ikhsan Ponorogo berupa bantuan pendidikan, paket mie instan, pakaian pantas, serta Al-Qur’an,

13. Bantuan Dhuafa Gemarang
Pada tanggal 25 Desember 2009 tim LMI bersama perwakilan siswa SMA 2 dan pembinanya meluncur ke Gemarang untuk memberikan santunan pendidikan, bingkisan serta nasi kotak kepada 50 anak tidak mampu.

14. Wakaf Al-Qur’an
Al-Qur’an sebanyak 27 buah diserahkan LMI kepada panti asuhan Al-Ikhsan Ponorogo untuk menunjang program tahfidz Al-Qur’an di panti asuhan tersebut.

15. Santunan Pendidikan Bagus
LMI Madiun memberikan bantuan biaya kursus komputer selama satu bulan pada Bagus seorang anak yatim yang saat tinggal bersama neneknya. Semoga dengan bertambahnya kemampuan komputer Bagus bisa dijadikan bekal untuk mandiri.

16. Pemberdayaan Ponorogo
Untuk mempersiapkan program pemberdayaan yang disinergikan dengan program Qurban, tim LMI melakukan survey / sharing dengan salah seorang peternak kambing yang sukses di Ponorogo. Sharing yang kami lakukan mulai masalah pengadaan bibit, pengelolaan, pengadaan pakan hingga pemasaran.


17. Santunan Agus Purwanto
LMI menyerahkan bantuan dari donatur yang bersimpati pada Agus Purwanto di rumah sakit Ponorogo, sebesar 4 juta rupiah. Saat itu Agus dalam kondiri perawatan di rumah sakit karena kondisinya perlu dirawat inap. Sakit yang dideritanya sejak 13 tahun lalu membuatnya hanya bisa berbaring di ranjang saja hingga saat ini.

18. Bantuan Pelatihan Kesehatan (Penanganan Gawat Darurat)
Acara pelatihan penanganan gawat darurat merupakan salah satu kegiatan yang diselenggarakan BSMI bekerjasama dengan LMI. Hasil kegiatan ini diharapkan bisa disampaikan kepada masyarakat umumnya dan forum-forum yang dikelola oleh LMI.

19. Seminar Motivasi Remaja
Bertempat di SMKN 5 Madiun pada hari Sabtu (16/1) diadakan seminar motivasi remaja yang diselenggarakan SMKN 5 bekerja sama dengan LMI. Acara yang bertemakan “TAHUN BARU, SEMANGAT BARU DAN WAJAH BARU” menampilkan narasumber pak Chidmat dari Trustco Surabaya. Acara yang diharapkan bisa memotivasi siswa SMKN 5 agar lebih baik dalam segala hal merupakan sarana yang digunakan SMKN 5 untuk membina siswanya ke arah positif.

20. Bina Usaha Mandiri
Penerima pinjaman modal LMI untuk bulan ini bertambah dua orang yaitu penjual nasi dan pengelola pendidikan anak autis. Bantuan ini diharapkan bisa mengembangkan usahanya.

21. Club Cendikia
Latihan bulu tangkis setiap hari Rabu malam dan futsal setiap hari Sabtu, Ahad merupakan bentuk kegiatan anak dan remaja yang tergabung dalam Club Cendikia.

22. BISA
Belajar baca dan tulis Al-Qur’an masih terus berlangsung di salah satu musholla jalan Bali Gg. Kereta yang diikuti adik-adik usia SD. Sedangkan ibu-ibu rutin belajar Al-Qur’an seminggu tiga kali di jalan Cempedak dan jalan Trengguli.

23. RAKER
Selama seminggu lebih mulai tgl. 9 sampai 19 Januari 2010 kepala cabang Staff LMI bersama manajer teritori pak Miftahurrohman mengadakan rapat kerja bertempat di ayam panggang Banjarejo dan kantor LMI, tim LMI membahas evaluasi kerja selama tahun 2009 dan program-program kerja yang akan dilaksanakan di tahun 2010. Seperti tahun yang lalu masing-masing divisi (program, marketing, supporting system) menyampaikan evaluasi kinerja tahun 2009 dan rencana program tahun 2010. Hasil raker ini merupakan pedoman / garis besar pengelolaan LMI Cabang Madiun, sehingga kinerja LMI sebagai lembaga sosial semakin baik dan bisa berbuat lebih banyak lagi di masyarakat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar