Jumat, 09 April 2010

LAPORAN KEGIATAN BULAN PEBRUARI 2010

LAPORAN KEGIATAN LMI CABANG MADIUN
BULAN PEBRUARI 2010

1. Beasiswa Dhuafa
Bertempat di kantor LMI, Ahad (14/2) 200 anak SD, SMP dan SMA berasal dari keluarga tidak mampu menerima beasiswa rutin setiap bulan dengan nominal Rp. 30.000,- (SD), Rp. 35.000,- (SMP), Rp. 40.000,- (SMA). Selain memberikan beasiswa, LMI juga memberikan pembinaan kerokhanian bersama ustadz Nursalim. Di acara ini juga turut hadir salah seorang donatur LMI yang memberikan makanan kotak. Beliau punya hajat aqiqoh buat putranya.

2. Peduli Guru Prasejahtera
Santunan guru prasejahtera diberikan LMI pada 40 orang guru TK dan MI yang bergaji di bawah UMR. Selain menerima santunan, mereka juga rutin belajar komputer dan ketrampilan di LMI.

3. Ta’lim Masjid
Agenda majelis ta’lim LMI berlangsung rutin di lingkungan Liposos (22/1), Musholla Al-Hidayah jalan Cempedak (5/2), Musholla Baiturrohman Pringgodani (9/2), Masjid Al-Amin perum Widodo Kencono (24/1), Masjid Islamiyah Rejomulyo (14/2).

4. Santunan Anak Yatim
Santunan kepada 100 anak yatim diberikan pada 75 anak yatim yang berasal dari kota Madiun sedangkan 10 anak dari Kare dan 15 anak dari Ponorogo. Pemberian santunan kepada 75 anak yatim bertempat di kantor LMI, Ahad (14/2). Selain santunan, mereka juga mendapatkan pembinaan kerokhanian dari Ustadz Nursalim dan nasi kotak kegiatan Aqiqoh dari salah seorang donatur LMI.

5. Santunan Dhuafa
Pak Slamet, pak Doto, mbah Semi, pak Sarja, pak Budi, pak Sadiran adalah penerima santunan dhuafa LMI. Mereka adalah bagian dari masyarakat yang mengalami kesulitan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari karena faktor fisik yang menjadikan mereka tidak mampu lagi bekerja.

6. Santunan Kesehatan
Bu Marsinem penderita kanker payudara masih tetap menerima santunan kesehatan LMI berupa obat-obatan herbal. Sedangkan ukkin sampai saat ini masih terus melakukan pemeriksaan rutin ke RSU Dr. Soetomo Surabaya. Untuk membantu biaya transportasi ke Surabaya setiap bulan LMI memberikan santunan pada ukkin.

7. Club Cendikia
Latihan bulutangkis setiap hari Rabu di gedung bulutangkis Gulun dan futsal setiap Sabtu dan Ahad merupakan kegiatan Club Cendikia yang diikuti siswa SD, SMP dan SMA.

8. Pembinaan Remaja
LMI memberangkatkan lima siswa SMA pengurus Forsski untuk mengikuti Up Grading remaja di Malang pada tanggal 26 sampai 28 Januari. Kegiatan ini diikuti perwakilan daerah dari seluruh Jawa Timur.

9. Musker LMI
Musker LMI berlangsung di Surabaya pada tanggal 22 sampai 24 Januari diikuti seluruh kepala cabang LMI se Jawa Timur. Selain membahas evaluasi kerja masing-masing cabang selama tahun 2009, juga membahas rencana kerja tahun 2010. Hasil musker 2010 merupakan acuan kerja seluruh LMI cabang selama tahun 2010 dengan target peningkatan kinerja LMI di masyarakat.

10. Bina Usaha Mandiri LMI
Bantuan modal kembali digulirkan pada 2 orang pengusaha kecil yang memerlukan suntikan modal. Mbak Indri seorang pedagang sprei kain perca dan pak Rubianto penjual pentol yang setiap sore menjajakan dagangannya untuk menghidupi kelima putra putrinya.

11. BISA
Kegiatan baca tulis Al-Qur’an binaan LMI masih terus berlangsung sepekan dua kali di musholla jalan Bali gg. Kereta Api, majelis ta’lim Miftahul Jannah jalan Trengguli, lingkungan jalan Cempedak dan mushola Baiturohman jalan Semangka.

12. Santunan Citra dan Didit
LMI memberikan santunan kepada Citra dan Didit yang mengalami kebutaan sejak lahir. Mereka berdua saat ini tinggal di sebuah kamar kecil di kelurahan Kejuron. Untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, mereka dapatkan dari aktivitasnya sebagai bilal di musholla terdekat.

13. Santunan Fatma
Bantuan dari donatur terus mengalir termasuk kasus Fatma termuat di buletin LMI. Dana yang terkumpul akhirnya kami belikan mesin obras dan mesin jahit untuk membantu perekonomian keluarga Fatma. Orangua Fatma yang sudah memiliki ketrampilan menjahit diharapkan bisa memanfaatkan peralatan tersebut untuk menambah income keluarga.

14. Pelatihan Daiah
Untuk meningkatkan kapasitas daiah yang akan menjadi pengisi ta’lim binaan LMI, Ahad (14/2) diadakan pelatihan komunikasi efektif dengan narasumber ustadz Joni dari Magetan.

15. Bantuan TPA SDN Wayut
Setiap bulan LMI memberikan bantuan untuk pelaksanaan kegiatan TPA siswa SDN Wayut. Kegiatan yang rutin diadakan seminggu dua kali diharapkan dapatnya membentengi siswanya dari hal-hal negatif dengan dibekalinya mereka dengan pelajaran baca tulis Al-Qur’an dan bimbingan ibadah.

16. Santunan Purwanto
Sudah dua kali tim LMI mengunjungi Purwanto penderita tumor di paha yang bertempat tinggal di Badegan Ponorogo. Kunjungan yang pertama kami berikan bantuan berupa uang untuk membantu biaya perawatan Purwanto ke Surabaya sedangkan kunjungan kedua kami membawakan kasur dan kipas angin. Saat pertama kali kami berkunjung ke rumah Purwanto, kami melihatnya tidur tanpa alas kasur dan karena suhu tubuhnya panas, Purwanto minta terus dikipasi. Akhirnya pada kunjungan yang kedua kami memberikan kasur, kipas angin dan susu.

17. Up Grading SDM
Untuk meningkatkan etos kerja dai dan daiah di Madiun, LMI memberikan bantuan untuk kegiatan up grading SDM yang berlangsung di gedung pertemuan RSUD Dr. Soedono pada hari Ahad (31/1).

18. Pemberdayaan Yatim
Melalui panti asuhan Al Ihsan Ponorogo LMI membantu kegiatan pemberdayaan anak yatim di tempat tersebut berupa kambing untuk dikelola anak-anak yatim di panti asuhan tersebut. Bantuan ini sebagai file project LMI untuk prgram pemberdayaan yatim.

19. Bantuan Seragam
LMI memberikan bantuan seragam dan ongkos jahit pada dua siswi SLTA di Madiun yang berasal dari keluarga tidak mampu, keinginan berjilbab kedua siswi tersebut menjadikan mereka harus memiliki seragam baru, sedangkan orang tua mereka belum sanggup membelikan.

20. Baksos IKIP PGRI di Gemarang
LMI memberikan bantuan berupa dana 10 Al-Qur’an dan buku tulis kepada Fakultas bahasa Inggris IKIP PGRI yang melakukan bakti sosial di Gemarang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar