Rabu, 28 April 2010

SDN Dayakan 2 Butuh Renovasi Ruang Kelas

SDN Dayakan 2 Butuh Renovasi Ruang Kelas

SDN Dayakan 02 terletak kurang lebih 25 kilometer dari pusat kota kabupaten Ponorogo dan kurang lebih 8 kilometer dari kota kecamatan Badegan, berada di paling ujung sebelah selatan wilayah kabupaten Ponorogo dan terletak di lereng gunung Gajah, di sebelah barat wilayah kabupaten Wonogiri dan di sebelah kabupaten Pacitan. Kondisi alam berbukit-bukit dan kurang bersahabat menjadikan orangtua enggan menyekolahkan putra-putrinya dengan alasan khawatir di perjalanan atas kesehatan dan keselamatannya sehingga masih banyak usia 7-8 tahun belum masuk sekolah dasar. Untuk samapai ke SD Dayakan 02 mereka harus menempuh perjalanan kurang lebih 5 km dengan jalan kaki memelusuri bukit dan sungai.



Dengan pertimbangan tersebut di atas maka sekolah SDN 02 Dayakan kecamatan Badegan mulai tanggal 25 Februari 2010 membuka kelas paralel yang ada di dukuh Watuagung untuk kelas 1 dan 2, agar masyarakat di dusun Watuagung dan Jurangsempu memanfaatkan kemudahan pelayanan pendidikan. Tujuan dibukanya kelas paralel untuk memudahkan anak belajar dan menampung anak usia sekolah yang drop out maupun yang belum sekolah. Atas kebaikan salah seorang warga yang peduli pada pendidikan, kelas paralel ini dibangun di atas tanah beliau. Ukuran gedung seluas 3,5 meter x 7 meter dengan dinding batu bata merah separuh, selebihnya dari bambu, lantai berupa tanah. Sedangkan inventaris yang ada berupa bangku kurang layak 8 buah, kursi kurang layak 14 buah, almari 2 buah, meja kursi 1 stell, papan tulis 1 buah. Karena ruangan hanya satu kelas, kegiatan belajar mengajar berlangsung dua kali atau bergantian antara kelas satu dan dua. Saat ini siswa kelas 1 berjumlah 22 aank sedangkan kelas 2 sebelumnya 36 anak.



Kondisi kelas yang jauh dari layak inilah yang mendorong Lembaga Manajemen Infak cabang Madiun mengajak masyarakat untuk pduli membantu memperbaiki sarana dan prasarana di kelas paralel SDN 02 Dayakan sehingga kegiatan belajar mengajar siswa bisa optimal dan cita-cita anak-anak di daerah tersebut bisa terwujud “Saya ingin jadi dokter, guru, polisi, tentara,….” Adalah impian anak-anak yang ada di lereng gunung Gajah yang diungkapakan mereka pada LMI saat berkunjung di SDN 02 Dayakan. Wujudkan Impian Anak Bangsa lewat kepedulian anda melalui LMI cabang Madiun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar