Jumat, 09 April 2010

LAPORAN KEGIATAN BULAN MARET 2010

LAPORAN KEGIATAN LMI CABANG MADIUN

BULAN MARET

  1. Peduli Guru Pra Sejahtera

Santunan peduli guru pra sejahtera diberikan pada 40 orang yang berpenghasilan di bawah UMR. Santunan ini diberikan untuk meringankan beban ekonomi keluarga mereka.

  1. Rumah Pintar

Kegiatan bimbel gratis dan komputer gratis yang dibimbing mahasiswa IKIP PGRI Madiun. Berlangsung mulai hari Senin sampai Ahad di rumah Pintar LMI. Peserta Bimbel terdiri dari siswa kelas 3 sampai kelas 6 dan memeperoleh bimbingan pelajaran Matematika, Bahasa Inggris dan IPA.

  1. Majelis Ta’lim

Kajian islam sebulan sekali berlangsung di musholla Baiturrahman Pringgondani, masjid Al Amin perumahan Widodo Kencono, Liposos Nambangan, masjid Al Ikhan. Sedangkan di kantor pajak jalan Salak dan musholla Al Hidayah, kajian keislaman berlangsung dua pekan sekali (pekan 2 dan 4).

  1. Santunan Anak Yatim

Pemberian santunan rutin tiap bulan kepada 100 anak yatim berlangsung pada hari Ahad (7/3) di rumah Pintar LMI. Bersamaan dengan acara ini, salah satu keluarga donatur LMI berbagi dan berbaur bersama dengan mereka dan memberikan nasi kotak. Saat itu beliau memiliki hajat aqiqoh putra dan putrinya.

  1. Santunan Abang Becak

Seratus orang abang becak menerima santunan sembako berisi gula, beras, teh, dan mie. Selain sembako LMI juga memberikan beasiswa kepada putra-putri abang becak setiap bulannya.

  1. Santunan Dhuafa

Santunan tiap bulan untuk membantu kebutuhan sehari-hari diberikan pada pak Subrojo yang mengalami kecelakaan kerja sehingga saat ini beliau tidak bisa bekerja untuk mencukupi keluarganya. Pak Marto Dawud seorang kakek berusia 75 tahun yang berprofesi sebagai pembuat bangku/ lincak dari bambu yang harus memasarkan dagangannya dengan berjalan kaki dari Kertosari Sangen hingga Madiun, Pak Doto, Pak Sarju, Mbah Semi, dan Pak Slamet.

  1. Santunan Kesehatan Dhuafa

LMI memberikan bantuan biaya pengobatan kepada Ahmad, salah satu penderita tumor hidung yang beralamat di Jambon Ponorogo. Igo bocah berusia 7 tahun penderita talasemia, bu Marsinem penderita kanker payudara dan Ukkin yang setiap bulan sekali rawat jalan karena sejak lahir tidak memiliki anus.

  1. Peduli Da’i

Untuk membantu program dakwah di masyarakat, LMI memberikan bantuan untuk menunjang berjalannya kegiatan syiar islam.

  1. Bantuan Panti Asuhan

Bekerjasama dengan LMI Madiun, OSIS SMAN 2 Madiun bersilaturahim ke panti asuhan Al Ihsan Ponorogo pada tanggal 13 Maret 2010. selain bersilaturahim, rombongan OSIS SMAN 2 Madiun menyerahkan bantuan berupa sembako sebagai bentuk kepedulian siswa SMAN 2 kepada anak yatim. Di acara ini juga berlangsung acara do’a bersama untuk kesuksesan siswa SMAN 2 khusunya kelas 3. LMI Madiun juga menyerahkan bantuan pendidikan berupa beasiswa setiap bulan untuk membantu kebutuhan pendidikan 15 anak yatim yang dibina di panti asuhan tersebut. Kegiatan ketrampilan, pelajaran hafalan Al Qur’an dan hadist, pembinaan rohani dan pendidikan formal merupakan program yang dijalankan di panti asuhan ini.

  1. Santunan Anak Yatim di Sugihwaras Saradan

Bertempat di salah satu rumah warga Sugihwaras, LMI menyerahkan santunan anak yatim dan nasi kotak dari dua orang donatur LMI Madiun yang ingin berbagi. Kegiatan tersebut berlangsung pada hari Sabtu (13/3), dihadiri 22 anak yatim yang tinggal di Sugihwaras.

  1. Santunan Pendidikan

LMI Madiun memberikan bantuan kepada Bagus untuk biaya kursus komputer di Wearness. Ryan salah seorang siswa SMK di Madiun juga menerima bantuan LMI untuk melunasi tunggakan sekolahnya sebagai syarat untuk dapat mengikuti Ebtanas. Bantuan berupa kain seragam dan ongkos jahit diberikan kepada dua orang siswa SMA yang ingin berjilbab.

  1. Seminar Motivasi Remaja

Bertempat di Timbul Jaya Plaza, 240 siswa dari berbagai SMA dan SMP di Madiun menghadiri seminar remaja dengan tema “Let’s Talking About Love” pada tanggal 14 Maret. Dengan mendatangkan narasumber dari Trutsco Surabaya Mr. Chudzil Hikmat. Memotivasi remaja-remaja di Madiun untuk berperilaku positif sebagai seorang remaja dan pelajar.

  1. Club Cendikia

Latihan bulutangkis dan futsal merupakan bentuk kegiatan anak dan remaja yang tergabung dalam club cendikia.

  1. Rakorcab

Bertempat di kantor LMI Madiun, empat kepala cabang dari Madiun, Sidoarjo, Malang dan Kediri mengadakan rapat koordinasi pada tanggal 21 Maret 2010. Rapat kerja yang dipandu langsung oleh BMO dan staff BMI Pusat membahas langkah-langkah sgtrategis berkaitan dengan penghimpunan zakat di masing-masing cabang. Acara yang berlangsung mulai pagi sampai sore menghasilkan kesepakatan-kesepakatan yang berguna untuk memperbaiki kinerja di masing-masing cabang.

  1. Pengobatan Gratis

LMI madiun bekerjasama dengan musholla Baiturrohman jalan Semangka menyelenggarakan pengobatan gratis dalam rangka memperingati Maulud Nabi Muhammad SAW. Kegiatan ini melibatkan satu dokter, dua orang perawat dan satu orang apoteker. Sekitar 70 orang warga mendatangi posko pengobatan di kantor LMI dengan berbagai macam penyakit yang dikeluhkan. Selain memberikan pemeriksaan dan obat gratis, LMI juga memberikan pemeriksaan asam urat gratis.

  1. Up Grading Staff LMI

Empat orang staff LMI pada tanggal 27 Pebruari melakukan up grading SDM bersama-sama staff LMI cabang yang lain dalam rangka meningkatkan kinerja SDM. Up grading yang berlangsung di Kediri dihadiri juga staff LMI dari Sumenep, Sidoarjo, Pasuruan, Tulungagung, Kediri, Blitar serta Situbondo.

  1. Taman Bacaan

Mulai bulan Maret LMI cabang Madiun merintis pengadaaan buku-buku bacaan untuk Taman Bacaan Anak dan Remaja yang insyaAllah bertempat di rumah Pintar LMI.

  1. Bantuan TPA SD Wayut

Untuk membantu terselenggaranya kegiatan belajar Al Qur’an di SD Wayut, LMI Madiun memberikan bantuan untuk siswa-siswinya yang diselenggarakan seminggu dua kali untuk siswa kelas 3 sampai 5.

  1. Bantuan Musholla di Kare

LMI menyerahkan bantuan perbaikan tiga musholla di daerah Kare. Perbaikan musholla dilakukan karena kondisinya sudah tidak layak lagi untuk aktivitas ibadah.

  1. Pelatihan Keluarga Samara

LMI memberikan bantuan pelaksanaan kegiatan pelatihan keluarga samara kepada daiyah-daiyah yang berjuang untuk mensyi’arkan islam di masyarakat. Pelatihan bertujuan untuk mengajak para daiyah agar kiprahnya sebagai daiyah tidak mengganggu posisinya sebagai seorang ibu/ istri dalam keluarga.

  1. Nasi Bungkus untuk Dhuafa

Setiap pekan sekali salah satu donatur LMI menyalurkan kepeduliannya kepada dhuafa melalui LMI Madiun berupa nasi bungkus sejumlah 50 buah, yang akhirnya kami bagikan ke panti asuhan, komunitas abang becak dan keluarga tidak mampu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar