Kamis, 02 Juni 2011

LAPORAN KEGIATAN LMI CABANG MADIUN

BULAN MEI 2011

PROGRAM PINTAR

Beasiswa 50 Anak Yatim Ponorogo

Bertempat di Jalan Kawung Ponorogo, Ahad 29 Mei 2011 sebanyak 50 anak yatim SD, SMP, SMA/SMK hadir mengikuti acara penyerahan beasiswa. Di rumah bapak Zaenudin inilah kegiatan 50 anak yatim berlangsung rutin tiap hari kecuali hari Jum’at. Menu kegiatan mereka adalah bimbingan belajar, belajar komputer, dan pembinaan keagamaan.

Beasiswa Yatim Kota Madiun

Ahad, 8 Mei 60 anak yatim berkumpul di Mushola Baiturrohman mengikuti kajian keIslaman yang diisi Ustadz Andik Widodo di acara tersebut, mereka juga menerima beasiswa rutin dari LMI, paket Aqiqoh dari donatur dan paket alat tulis dari STT Dana Iswara untuk siswa SD.

Beasiswa Yatim dan Dhuafa Mlarak

Sebanyak 20 anak SD di Mlarak Ponorogo yang berasal dari keluarga tidak mampu menerima beasiswa rutin tiap bulan dari LMI Madiun untuk membantu keperluan sekolah mereka.

Bantuan Seragam

LMI memberikan bantuan seragam kepada salah satu siswa SD Jabung Ponorogo sebagai pengganti pakaian seragamnya yang sudah tidak layak lagi dipakai.

Santunan Pendidikan

Bantuan pelunasan administrasi sekolah (SPP dan uang buku) diberikan kepada Rizki (SMF), Padrepya (SMPN 2), Galih (SMAN 4), Azmi (SMPN 6), Ummul (SMKN 2), Apriati (SMKN 4).

Beasiswa Caruban

Bertempat di BLK Caruban, Ahad 29 Mei sebanyak 56 anak yatim dan dhuafa menerima beasiswa rutin kepada siswa SD, SMP, SMA yang berdomisili di Caruban. Kegiatan ini juga diisi dengan kajian keIslaman untuk memberi tambahan ilmu agama bagi mereka.

Rumah Pintar

Di Rumah Pintar LMI setiap hari Sabtu berlangsung kegiatan bimbingan belajar gratis dan pembinaan keagamaan yang diikuti sebanyak 35 siswa SD, SMP dan SMA. Sebagai pembimbing mereka adalah mahasiswa IKIP PGRI Madiun. Selain Bimbel kegiatan kursus menjahit juga berlangsung setiap hari Jum’at dan Sabtu yang diikuti 5 orang ibu-ibu. Sedangkan kegiatan ketrampilan untuk anak asuh berlangsung setiap hari Ahad pagi.

Santunan Pendidikan Yatim Al-Ihsan Ponorogo

Bantuan pendidikan diberikan kepada 19 anak yatim Al-Ihsan Ponorogo agar mereka tidak putus sekolah. Mereka adalah siswa-siswa yang berasal dari daerah pelosok di Ponorogo.

Anak Asuh LMI mengikuti Tes Etos

Sabtu, 7 Mei sebanyak 12 anak asuh LMI berangkat ke Malang untuk mengikuti tes beasiswa Etos. Keberangkatan mereka difasilitasi LMI Madiun sebagai bentuk kepedulian LMI kepada mereka yang ingin melanjutkan ke Perguruan Tinggi Negeri namun kesulitan dana untuk ikut seleksi Etos di Malang.

PROGRAM SEHATI (KESEHATAN)

Santunan Kesehatan

Bantuan obat jalan diberikan LMI pada ukkin yang setiap sekali harus kontrol pasca operasi anus buatan. Ukkin yang kini menginjak usia remaja adalah salah satu anak yang lahir tanpa anus. Bantuan pengobatan juga diberikan pada Arik penderita kanker leher sejak lahir, meskipun pernah menjalani operasi namun penyakit belum juga hilang sehingga Arik masih memerlukan lagi pengobatan dan operasi lagi.

Bantuan Kursi Roda

Salah satu donatur LMI memberikan bantuan kursi roda pada Udanani seorang anak yatim yang mengalami kelumpuhan sejak kecil. Karena kondisi keluarganya tidak mampu, mereka tidak memfasilitasi kursi roda bagi sang anak.

PROGRAM EMAS – PEMBERDAYAAN

Pemberdayaan Chuster Chips Mocaff

Program pengolahan singkong menjadi tepung setengah jadi di desa Kerik Takeran dengan mempekerjakan 10 warga sekitar terus berproduksi.

Santunan Dhuafa

Penerima bantuan keperluan hidup sehari-hari bulan Mei adalah Mbah Semi, Pak Sarju, Pak Slamet, Mbah Surip, Mbah Marto Daud, Mbah Lasinem, Mbah Las, Mak Siram, Mak Nyum, Mbah Minah dan Mbah Sumi. Mereka adalah lansia yang sudah tidak mampu lagi bekerja dan hidup tanpa didampingi keluarga.

Santunan Abang Becak

LMI menyerahkan santunan kepada 26 abang becak yang berdomisili di Caruban. Santunan ini untuk mengurangi kesulitan ekonomi mereka.

Bantuan Peralatan Kue

Agus adalah sosok bocah usia 11 tahun yang mempunyai pemikiran dewasa, dengan potensi yang dimilikinya saat ini dia ingin mengembangkannya sehingga bisa membantu kedua orang tuanya untuk keperluan hidup dan pendidikan kedua adiknya. LMI Madiun berusaha memfasilitasi keinginannya dengan memberikan peralatan kue untuk memperbesar usaha yang sudah dijalaninya berupa gorengan dan donat.

Pelatihan Marketing

Untuk meningkatkan kemampuan SDM marketingnya LMI Madiun mengirimkan staffnya untuk mengikuti pelatihan marketing di Surabaya bersama trainer pakar marketing ”James Gwee” dari Singapura.

PROGRAM DAKWAH

Majelis Ta’lim

Kegiatan majelis ta’lim LMI berlangsung di musholla Hidayatulloh Jl. Seram, Al-Hidayah Jl. Cempedak, Masjid Baiturrohim Jl. Pringgodani, Masjid Al-Amin Jl. Sidoluhur, Majelis Ta’lim Jl. Trengguli, Majelis Ta’lim Mari’atus Sholehah Jl. Serayu, perumahan Widodo Kencono 2.

Kajian Tafsir

Pengajian memahami tafsir Al-Qur’an berlangsung dua pekan sekali di Musholla Baiturrohman Jl. Semangka bersama Ustadz Syamsudin Lc. Acara yang berlangsung sore hari ini semakin lama semakin bertambah pesertanya.

Bantuan TPA dan Pelatihan Guru TPA

LMI memberikan bantuan untuk kegiatan TPA di masjid Baitussalim Nglames yang setiap hari diikuti 60 anak. LMI juga memberikan bantuan untuk kegiatan pelatihan guru-guru TPA di kota Madiun.

Mushola Watubonang

LMI kembali menyerahkan bantuan untuk pembangunan mushola Watubonang Badegan Ponorogo yang sudah sampai pada tahap pemasangan genteng.

Kunjungan LMI ke PPA Malang

Sabtu, 7 Mei LMI Madiun melakukan studi banding ke Rumah Tahfidz PPPA Darul Qur’an Malang. Studi banding ini dalam rangka persiapan bagi LMI Madiun yang Insya Alloh juga akan mengadakan program Rumah Tahfidz di Madiun.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar