Kamis, 02 Juni 2011

Laporan Kegiatan LMI Cabang Madiun

Bulan Februari 2011

KOTA MADIUN

Beasiswa Yatim

Beasiswa rutin yang diberikan tiap bulan bagi 70 anak yatim dari tingkat SD, SMP dan SMA bertempat di kantor LMI. Sebelum penyerahan beasiswa, mereka mendapatkan training motivasi dari narasumber Trustco Surabaya Mr. Chidmat. Beliau memoticasi anak – anak untuk selalu bersemangat dan pantang menyerah dalam meraih cita – cita.

Santunan Dhuafa

Untuk membantu memenuhi kebutuhan hidup lansia yang tidak mampu lagi bekerja. Diberikan pada pak Sarju, mbah Semi, pak Budi, mbah Marto, mbah Lasinem dan mbah Misirah.

Santunan Kesehatan

Penerima santunan rawat jalan bulan Februari adalah Ukkin penderita kelainan tanpa anus, mbah Sarju yang mengalami gangguan penglihatan dan Sugeng penderita lumpuh dari pinggang ke bawah.

Majelis Taklim

Kegiatan majelis taklim LMI berlangsung di lingkungan Sukosari, musholla Baiturrohman jalan Semangka, musholla Al Hidayah jalan Cempedak. Kegiatan taklim LMI berlangsung rutin sebulan sekali.

Santunan Pendidikan

Bantuan berupa pelunasan uang LKS, buku dan SPP diberikan pada Rizki (SMF), Fahrizal (SMKN3), Rini (SMKTamsis), Mei Rahayu (SMKN2), Novianto (SMPN 8). Mereka adalah siswa – siswa yang berlatar belakang ekonomi tidak mampu, namun mempunyai keinginan yang sungguh – sungguh untuk menyelesaikan sekolahnya.

Rumah Pintar Indonesia

Kegiatan Rumah Pintar Indonesia mulai berlangsung setiap hari Sabtu dan Minggu di jalan Semangka 21 dan di Sanggar Palupi jalan Ringin berupa ketrampilan menjahit yang diikuti oleh 8 orang ( 5 anak yatim dan 3 orang ibu, orangtua penerima beasiswa LMI ). Alhamdulillah pada bulan Februari ini Rumah Pintar Indonesia mendapatkan 2 mesin jahit dari donator LMI.

Pelatihan Keluarga Samaroh

Bantuan pelaksanaan Seminar Pelatihan Keluarga Samaroh diberikan LMI pada panitia UKKI IKIP PGRI dan IKADI Kota Madiun yang menyelenggarakan acara seminar keluarga.

Club Cendikia

Latihan futsal dan bulutangkis berlangsung seminggu 2 kali diikuti pelajar SD, SMP dan SMA.

Seminar Remaja

Acara untuk kawula remaja yang digelar oleh FORSSKI berupa Seminar Cinta di aula MAN 2 Madiun. Selain itu juga ada Seminar Motivasi yang berlangsung di SMK Sore dan SMKN 5 Madiun untuk memberikan motivasi pada siswa kelas 3 yang akan segera menghadapi ujian.

Pekan Maulid

LMI memberikan bantuan untuk acara Pekan Maulid yang akan diselenggarakan di MIT Bakti Ibu. Acara yang berupa lomba – lomba diikuti oleh seluruh siswa MIT Bakti Ibu.

Bantuan Mesin Jahit

Rini salah satu penerima beasiswa LMI menerima mesin jahit baru dari salah satu donator LMI. Kisah Rini yang tertulis di buletin LMI menyentuh hati beliau untuk membantu Rini mengembangkan usaha kesetnya.

Usaha Cluster Chips Mocaff

LMI membuka peluang kerja bagi masyarakat di sekitar Takeran melalui usaha pengolahan singkong menjadi tepung yang siap dikirim ke Trenggalek.

KABUPATEN MADIUN

Beasiswa

Setiap bulan LMI Madiun menyerahkan beasiswa pada 25 anak SD dan SMP yang tinggal di wilayah Caruban. Mereka berasal dari keluarga tidak mampu dengan penghasilan orangtua yang tidak menentu karena pekerjaan mereka yang tidak tetap.

Santunan Abang Becak

Limabelas abang becak yang beroperasi di Caruban menerima sembako rutin tiap bulan untuk membantu memenuhi kebutuhan sehari – hari keluarga mereka. Para tukang becak ini juga mendapatkan pembinaan kerohanian dari relawan LMI di Caruban.

KABUPATEN PONOROGO

Santunan Dhuafa

Delapan keluarga tidak mampu menerima bantuan rutin tiap bulan dari LMI.Mereka adalah keluarga yang mengalami permasalahan ekonomi yang juga harus berjuang menyekolahkan putra – putrinya untuk mendapatkan pendidikan yang layak.

Beasiswa Yatim

LMI menyerahkan beasiswa rutin tiap bulan pada 20 anak yatim ( 5 orang yatim non panti dan 15 anak yatim yang tinggal dip anti asuhan ).

Paket Bantuan Yatim

Setiap bulan LMI menyerahkan paket bantuan yatim kepada 5 anak yatim yang tinggal di Panti Asuhan Al Ihsan Ponorogo. Paket bantuan yatim ini diberikan donatur LMI untuk biaya hidup dan biaya sekolah lima anak yatim yang berasal dari kecamatan Jambon yang melanjutkan sekolah di SMPIT Daarut Tauhid Ponorogo.

Buletin Dakwah

Buletin Ukhuwah dan Zaki yang tiap bulan disampaikan pada masyarakat kota Madiun, Kabupaten Madiun dan Kabupaten Ponorogo merupakan media dakwah yang digunakan LMI Madiun untuk mewujudkan programnya sebagai lembaga yang juga bergerak di bidang dakwah.

Dakwah On Air

Mulai Februari 2011, LMI cabang Madiun bekerjasama dengan Radio Prima FM yang mengudara di frekuensi 88,6 FM menyajikan acara Dakwah On Air yang disiarkan secara langsung setiap hari Selasa sampai Jum’at. Tema yang diangkat Riadhus Shalihin yang dibawakan ustadz Nur Salim tiap Selasa dan Kamis, serta Aqidah oleh ustadz Munir tiap Rabu dan Jum’at.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar