Kamis, 02 Juni 2011

LAPORAN KEGIATAN

LMI CABANG MADIUN BULAN DESEMBER 2010

RECOVERY MERAPI

Salah satu dampak meletusnya Merapi adalah hancurnya lahan pertanian di wilayah sekitar Merapi. Salah satunya di desa Banyubiru kecamatan Muntilan Magelang. Di desa ini pada tanggal 14 Desember perwakilan staff LMI cabang se-Jawa Timur menghadiri acara penyerahan bantuan pinjaman modal dari LMI kepada kelompok tani di desa Banyubiru. Pinjaman modal tanpa bunga dan bibit sayuran tersebut merupakan bagian dari program Emas ( Ekonomi Masyarakat ) yang bertujuan untuk membantu memulihkan kondisi ekonomi masyarakat di daerah tersebut.

MAJELIS TA’LIM

Kegiatan majelis ta’lim LMI berlangsung di musholla Baiturohman jalan Pringgodani, musholla Al Hidayah jalan Cempedak, lingkungan jalan Bali gang Kereta Api, lingkungan Sukosari,masjid Al Amin perumahan Widodo Kencono 2. Kegiatan yang diikuti ibu –ibu warga sekitar menghadirkan narasumber yang memberikan ilmu keagamaan kepada mereka.

CLUB CENDIKIA

Bulutangkis dan Futsal adalah aktivitas rutin seminggu sekali yang diikuti siswa SD dan SMP yang tergabung dalam Club Cendikia.

SANTUNAN KESEHATAN

Bantuan pengobatan diberikan pada Ukkin yang setiap bulan sekali harus control ke RSU dr.Sutomo Surabaya pasca operasi anus buatan. Bantuan juga diberikan kepada mbah Sarju yang mengalami gangguan penglihatan dalam bentuk kacamata.

FORSSKI

Bertempat di Rumah Pintar LMI Madiun pada tanggal 28 November, FORSSKI yang merupakan wadah pembinaan remaja bentukan LMI mengadakan up grading yang diikuti pengurus inti FORSSKI.

PERTEMUAN KEPALA CABANG DI KEDIRI

Bertempatdi kantor LMI Cabang Kediri pada tanggal 29 November berlangsung pertemuan kepala cabang guna membahas program kegiatan bersama yang akan dilakukan seluruh cabang LMI. Di pertemuan kali ini para kepala cabang membahas program recovery dan pelatihan manajemen zakat.

BANTUAN PENDIDIKAN

Bantuan pendidikan berupa pelunasan SPP dan bantuan seragam diberikan LMI pada dua siswi SMKN 3, satu siswa SMAN 4, satu siswa SMF dan 10 anak SD dari kecamatan Jambon Ponorogo. Mereka itu adalah siswa –siswi dari keluarga tidak mampu.

SANTUNAN DHUAFA

Santunan untuk membantu ekonomi dhuafa diberikan LMI pada pak Budi, mbah Sarju, mbah Lasinem, Sugeng, mbah Las, mbah Siran, mak Nyun, mbah Semi dan tiga keluarga yang tinggal di Ponorogo.

PENGOBATAN GRATIS

Bertempat di Masjid Besar Kuno Taman LMI bekerjasama dengan BSMI dan ta’mir masjid Taman mengadakan layanan pengobatan gratis pada Ahad 5 Desember. Bersama tim medis BSMI kegiatan ini berlangsung mulai pukul 08.00 sampai 12.00. Layanan yang diberikan berupa pemeriksaan rutin serta pemeriksaan gula darah, dan asam urat. Diikuti oleh sekitar 65 orang.

BISA

Program belajar Al Qur’an berlangsung di salah satu masjid yang ada di lingkungan Kedungbanteng Ponorogo. Kegiatan ini diikuti anak –anak warga sekitar Kedungbanteng yang masih sangat membutuhkan pembinaan keagamaan. Kegiatan TPA diikuti sekitar 40 anak TK dan SD.

SANTUNAN DIDIT

Bantuan untuk Didit diberikan rutin setiap bulan sekali untuk membantu memenuhi kebutuhan sehari – harinya. Didit yang mengalami kebutaan sejak kecil hanya bisa memenuhi kebutuhan hidupnya dan adiknya dari honornya sebagai muadzin.

BEASISWA DHUAFA

Pemberian beasiswa diberikan pada lima siswa yang tinggal di Rejomulyo karena mengalami kesulitan biaya pendidikan.

PELATIHAN MANAJEMEN ZAKAT

Bertempat di aula hotel Edotel Malang seluruh staff LMI se-Jawa Timur pada tanggal 19 Desember berkumpul untuk meng-up grade diri dalam Pelatihan Manajemen Zakat. Dengan tema “ Jurus Menghimpun Fulus “ bersama narasumber M. Anwar Sani dari LAZ Al Azhar Peduli Umat Jakarta. Pelatihan ini sebagai usaha LMI untuk meningkatkan produktifitas dan kreatifitas staffnya.

SANTUNAN ANAK YATIM

Sabtu 18 Desember, 69 anak yatim berkumpul di kantor LMI menerima santunan rutin tiap bulan sebesar Rp. 50.000,00 per anak. LMI juga memberikan santunan pada 15 anak yatim di Ponorogo dan 25 anak yatim di kabupaten Madiun.

PELATIHAN SHOLAT KHUSYUK

LMI memberikan bantuan untuk penyelenggaraan sholat khusyuk yang dilaksanakan oleh UKKI IKIP PGRI Madiun pada tanggal 19 Desember bersama ustadz Sukanan, S.Ag.

LMI MENERIMA WAKAF TANAH

Alhamdulillah LMI Cabang Madiun menerima wakaf tanah dari keluarga Bani Supiyah yang berdomisili di Ponorogo. Di tanah wakaf yang terletak di daerah Dolopo ini, Insyaalloh akan didirikan asrama tahfidz Qur’an untuk anak – anak yatim dan dari keluarga yang tidak mampu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar