Kamis, 02 Juni 2011

LAPORAN KEGIATAN LMI CABANG MADIUN

BULAN JANUARI 2011

Beasiswa Rutin

LMI menyerahkan beasiswa rutin pada 30 anak tidak mampu yang berdomisili di Kota Madiun, Kabupaten Madiun dan Ponorogo yang bersekolah di SD dan SMP nominal untuk SD Rp. 30.000, SMP Rp. 35.000.

Rumah Pintar

Kegiatan rumah pintar LMI kembali disemarakkan dengan bimbingan belajar gratis setiap hari Sabtu dan Minggu yang diikuti siswa SD kelas 4 sampai kelas 6, SMP kelas 1 sampai 3 dan SMA kelas 1 sampai 3. Bahasa Inggris dan Matematika adalah mata pelajaran yang diberikan di Bimbel LMI. Bimbel ini diikuti anak-anak penerima beasiswa LMI sebagai bentuk pembinaan mereka untuk meningkatkan prestasi akademik mereka.

Majelis Taklim

Majelis Ta’lim LMI berlangsung di lingkungan ibu-ibu di Sukosari yang dihadiri sekitar 40 orang setiap bulannya. Di musholla Hidayatulloh jalan Seram, musholla Al Hidayah jalan Cempedak, musholla Baiturrohman jalan Pringgodani, dan perumahan Widodo Kencono 2 juga berlangsung kajian Islam setiap bulan sekali dengan narasumber ustad dan ustadzah dari LMI.

Bantuan Masker untuk Bromo

LMI Madiun mengirimkan 2.500 masker untuk masyarakat lereng gunung Bromo yang sampai saat ini masih terus membutuhkan bantuan untuk program recoverynya.

Bantuan Pendidikan

Belum lunasnya pembayaran SPP dan buka menjadikan beberapa siswa tidak mampu tidak bisa mengambil hasil belajar mereka berupa raport, sebagai bentuk kepedulian LMI di bidang pendidikan, bantuan pelunasan uang SMP dan buku diberikan pada Rini (SMK TAMSIS), Asmi (SMPN 6), M. Hendra (SMK TAMSIS), Danang (MTSN Kare), Albert (SMAN 1).

Santunan Didit

Santunan kepada Didit diberikan oleh salah satu donatur tetap LMI setiap bulannya untuk membantu meringankan biaya hidup sehari-hari. Didit yang kedua matanya sudah tidak bisa berfungsi kembali dan hidup bersama adik perempuannya yang juga mengalami kebutaan.

Santunan Kesehatan

Bantuan berobat diberikan rutin pada ukkin yang harus menjalani berobat rutin setiap bulannya ke Surabaya pasca operasi anus buatan. Selain ukkin, bantuan berobat juga diberikan pada pak Sarju yang mengalami gangguan penglihatan.

Santunan Dhuafa

Bantuan untuk membantu kehidupan sehari-hari diberikan rutn sekali pada pak Sarju, mbah Marto, Sugeng, mbah Lasinem dan mbah Semi.

BISA (Belajar Intensif Al-Qur’an)

Kegiatan belajar Al-Qur’an berlangsung di musholla desa Sidoarjo Sidowayah Jambon setiap hari Senin-Kamis yang diikuti sekitar 50 anak yang dibimbing ustadz dan ustadzah relawan LMI. Kegiatan yang sama juga berlangsung di sebuah masjid yang terletak di lokalisasi Kedungbanteng Ponorogo yang dinakhodai ustadz Atho’ bersama 30 anak yang tinggal di tempat tersebut.

Club Cendikia

Futsal dan bulu tangkis merupakan kegiatan anak-anak dan remaja yang bergabung di Club Cendikia. Mereka berlatih seminggu dua kali.

Studi Banding ke Al Azhar Peduli Umat Jakarta

Keinginan LMI Madiun untuk menjadikan lembaga LMI sebagai lembaga Amil yang profesional dalam penghimpunan dan tepat sasaran dalam penyaluran dibuktikan dengan menimba ilmu sampai ke LAZ Al Azhar Jakarta yang memiliki reputasi nasional. Di sana LMI belajar tentang program, marketing dan kelembagaan. Oleh-oleh ilmu dari Al Azhar banyak sekali sebagai bahan untuk mengembangkan LMI Madiun lebih maju lagi.

Berbagi Senyum di bulan Muharrom

Muharrom dikenal sebagai bulan Yatim, di bulan tersebut LMI Madiun menggelar acara di aula MAN 2 Madiun dengan mengundang anak yatim binaan LMI, seluruh panti asuhan yang ada di kota Madiun beserta pembinanya. Di acara ini LMI mengadakan lomba balap karung, memasukkan pensil di botol, balap kelereng, makan kerupuk, menulis surat untuk ibu, membuat pohon impinan dan bermain koin. Selain menggelar lomba LMI juga memberikan bantuan pendidikan kepada panti asuhan yang hadir di acara tersebut. Tak lupa hadiah berupa uang tunai juga diberikan pada para pemenang lomba.

Raker LMI Cabang Madiun

Untuk menentukan langkah strategis dalam penghimpunan dan penyaluran ZISWAF tahun 2011, LMI Madiun mengadakan rapat kerja di Pondok Rhom Sarangan selama 2 hari. Raker yang diikuti seluruh staff LMI berlangsung serius dan komunikatif. Hasil raker ini merupakan panduan LMI Madiun dalam menjalankan roda lembaga selama satu tahun.

Santunan Anak Yatim

Bertempat di rumah pintar LMI, sebanyak 65 anak yatim hadir di acara pemberian beasiswa yatim yang rutin diberikan pada anak yatim non panti setiap bulan sekali. Selain di Madiun, LMI juga membantu 35 anak yatim yang berdomisili di Jambon, Kedungbanteng dan panti asuhan Al Ihsan Ponorogo.

Aqiqoh

Di bulan ini dua orang donatur mengamanahkan hajat aqiqohnya di LMI untuk disalurkan pada anak yatim binaan LMI dan panti asuhan di Madiun. Sebagai ucapan terima kasih kepada yang memiliki hajat, anak-anak melantunkan doa untuk keluarga kedua donatur ini semoga Allah melimpahkan barokahNya yang lebih besar lagi.

Bantuan Pinjaman Modal

Bantuan pinjaman modal diberikan pada tiga pedagang kecil yang mengalami kesulitan modal. Mereka adalah pak Untung yang membuka usaha warung berjualan nasi dan ronde, bu Sumini menjalankan usaha makanan keliling, bu Sulastri membukan usaha bikin keset.

Training Motivasi di SMKN 5

Bertempat di SMKN 5 Madiun, pada tanggal 5 Januari 2011 SMKN 5 bekerjasama dengan LMI Madiun mengadakan training motivasi remaja dengan narasumber pak Kusdariyanto dan pak Agung. Dengan kemasan materi yang bagus, acara ini menjadi motivasi positif untuk berkepribadian yang lebih baik bagi siswa SMKN 5.

Bantuan rukuh dan Al-Qur’an

LMI memberikan bantuan rukuh dan Al-Qur’an untuk salah satu musholla di Rejomulyo melalui salah satu donatur LMI.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar