Kamis, 02 Juni 2011

LAPORAN KEGIATAN LMI CABANG MADIUN

BULAN MARET 2011

KOTA MADIUN

Beasiswa Yatim

Sebanyak 78 anak yatim dari tingkat SD, SMP dan SMA menerima beasiswa rutin setiap bulan di Rumah Pintar LMI. Sebelum penyerahan beasiswa, mereka mendapatkan kajian keislaman yang disampaikan Ustadz Andik. Acara ini juga diharidi salah satu donatur LMI yang sedang memiliki hajat dan meminta do’a dari anak-anak penerima beasiswa yatim. Selain menerima beasiswa, mereka juga menerima nasi kotak dari donatur.

Santunan Dhuafa

Pak Sarju, Mbah Semi, Pak Budi, Mbah Marto, Mbah Lasinem dan Mbah Misirah adalah penerima santunan rutin tiap bulan. Mereka adalah lansia yang sudah tidak mampu lagi bekerja.

Santunan Kesehatan

Penerima santunan rawat jalan bulan Maret adalah Ukkin penderita kelainan tanpa anus, mbah sarju penderita gangguan pengelihatan, Sugeng penderita lumpuh dari pinggang ke bawah dan Bu Purwati penderita paru-paru yang akhirnya meninggal dunia pada tanggal 13 Maret.

Santunan Pendidikan

Bantuan berupa pelunasan administrasi sekolah diberikan pada Galih Setyawan (SMAN 4), Rizki (SMP), Agus (SMAN 4) dan Albertus (SMAN 1). Mereka adalah siswa-siswa yang mempunyai latar belakang ekonomi tidak mampu dan mempunyai tanggungan administrasi di sekolah.

Rumah Pintar Indonesia

Kegiatan Rumah Pintar Indonesia berlangsung setiap hari sabu dan minggu di jalan Semangka no 21 dan Sanggar Palupi jalan Ringin berupa keterampilan menjahit yang diikuti 5 anak yatim dan 5 orang ibu peserta majelis ta’lim LMI. Selain kursus menjahit di Rumah Pintar Indonesia juga berlangsung keterampilan membuat keset dari kain perca yang diikuti 10 anak yatim

Majelis Ta’lim

Kegiatan mengkaji keIslaman berlangsung di lingkungan Sukosari, mushola Baiturrohman jalan Semangka, Mushola Al-Hidayah jalan Cempedak, lingkungan jalan Serayu Barat, lingkungan jalan Trengguli, perumahan Widodo Kencono 2, majelis ta’lim rukem.

Beasiswa Dhuafa

Bulan Maret LMI Madiun memberikan beasisiwa kepada siswa tidak mampu sebanyak 103 anak yang terdiri dari 27 siswa SD, 48 siswa SMP dan 28 siswa SMA. Acara ini berlangsung di LMI dengan menghadirkan Pak Ihsan Trainer dari Magetan dengan materi ESQ.

Beasiswa 3G

Program beasiswa 3G merupakan program baru di LMI Madiun. Beasiswa 3G kami berikan pada siswa tidak mampu yang duduk di kelas 3 SMA. Dengan nominal Rp 100.000,- per anak diharapkan bisa membantu meringankan biaya administrasi menjelang ujian nasional. Penyerahan beasiswa 3G berlangsung di rumah Pintar pada hari Ahad tanggal 20 Maret yang dihadiri 26 siswa kelas 3 SMA.

Beasiswa Smart

Penerima beasiswa smart LMI Madiun adalah siswa tidak mampu dan berprestasi peringkat 1-10. Pembelian beasiswa berlangsung pada tanggal 20 Maret di Rumah Pintar, sebanyak 113 siswa SMP dan SMA hadir mengikuti training motivasi yang disampaikan oleh Pak Miftah dengan tema “Pengembangan Potensi Diri.”

Santunan Abang Becak

Kamis, 17 Maret komunitas abang becak berkumpul di Kantor LMI menerima paket sembako, bapak-bapak abang becak yang berjumlah sekitar 104 ini menerima siraman rohani yang disampaikan ustadz Nursalim.

BISA

Program belajar Intensif Al-Qur’an berlangsung di jalan Makan Tentara dan Rumah Pintar LMI serta lingkungan jalan trengguli.

Bimbel

Kegiatan binbingan belajar gratis berlangsung setiap hari Sabtu mulai jam 14.00 sampai 17.30 dengan mata pelajaran Bahasa Inggris. Dan Bahasa Inggris diikuti siswa SD kelas 4 sampai kelas 6, SMP kelas 1 sampai 3 dan SMA kelas 1 sampai 3. Peserta bimbel ini juga mendapatkan pembinaan kerohanian berupa sholat ashar berjamaan dan kajian keislaman.

Kajian Tafsir Al-Qur’an

Bertempat di mushola Baiturrohman (depan kantor lmi) kegiatan mengkaji Al-Qur’an dengan narasumber Ustadz Syamsudin, Lc berlangsung pada tanggal 7 dan 21 Maret. Acara ini dihadiri sekitar 100 orang baik dari donatur, majelis ta’lim maupun orang tua penerima beasiswa LMI.

Dakwah On Air

Kajian keislaman di Radio Prima FM dengan narasumber Ustadz Munir dan Ustadz Nursalim berlangsung setiap hari selasa sampai jum’at pukul 05.00. Kajian Riyadhus Shalihin dan Aqidah mengudara di frekuensi 88,6 FM. Acara ini terselenggara berkat kerjasama antara LMI cabang Madiun dengan Radio Prima FM.

Pemberdayaan Cluster Chips Mocaf

Program pemberdayaan LMI Madiun yang berupa pengolahan bahan baku singkong menjadi tepung setengah jadi sudah mulai berjalan. Dengan memperkerjakan 10 warga sekitar lokasi usaha yang berprofesi sebagai buruh tani menjadikan usaha ini cukup membantu ekonomi mereka. Tepung setengah jadi kita pasarkan ke Trenggalek yang setiap saat menerima hasil olahan usaha pemberdayaan ini. Lokasi pemberdayan Cluster Chips Mocaf berada di desa Kerik Takeran.

Buletin Dakwah

Buletin ukhuwah dan Zaki yang diterbitkan Lmi Madiun sebulan sekali merupakan sarana yang digunakan LMI Madiun untuk mengembangkan da’wah di Kota Madiun khususnya dan pemasyarakatan ZISWAF / Zakat, Infaq, Shodaqoh dan Wakaf.

KABUPATEN MADIUN

Beasiswa Yatim

Bertempat di BLK Caruban pada tanggal 27 Februari berlangsung penyerahan beasiswa kepada 96 anak yatim. Selain dihadiri orangtua penerima beasiswa, acara ini juga dihadiri tokoh-tokoh masyarakat yang ada di Caruban. Penerima beasiswa terdiri dari 52 siswa SD, 31 siswa SMP dan 31 siswa SMA.

Santunan Abang Becak

Bersamaan dengan penyerahan beasiswa yatim, ditempat dan waktu yang sama 28 abang becak menerima bantuan dan dan kaos berlogo LMI Madiun. Kaosisasi ini bertujuan untuk sarana sosialisasi LMI di wilayah Caruban.

Santunan Dhuafa

Di acara yang sama, LMI Madiun juga manyerahkan santunan kepada 2 orang warga Caruban. Santunan ini kami berikan rutin setiap bulan untuk membantu ekonomi mereka.

Buletin dakwah

Buletin ukhuwah dan Zaki adalah salah satu sarana LMI cabang Madiun untuk mengembangkan dakwah dan memasyarakatkan ZISWAF (Zakat, Infaq, Shodaqoh dan Wakaf) yang rutin tiap bulan kami sampaikan pada masyarakat Caruban.

Beasiswa Yati

Bertempat di ruang belajar TPA masjid Abdullah, Ahad 20 Maret LMI menyerahkan beasiswa pada 18 anak yatim yang tinggal di sekitar Krandegan Kebonsari Kabupaten Madiun. Acara ini dihadiri bapak Kepala Desa Kradegan dan tokoh-tokoh masyarakat desa tersebut. Harapan mereka, LMI bisa membantu pengembangan program pendidikan dakwah di tempat tersebut.

KABUPATEN PONOROGO

Santunan Dhuafa

LMI Madiun memberikan santunan rutin tiap bulan pada delapan keluarga tidak mampu yang mengalami permasalahan ekonomi yang jauh dari kehidupan cukup dan mereka harus berjuang menyekolahkan putra-putri untuk mendapatkan pendidikan yang layak.

Senyum Yatim

Program Senyum Yatim merupakan program paket pendidikan dan biaya hidup anak yatim. LMI Madiun membantu empat orang anak yatim dari Jambon untuk menjanjutkan sekolah di SMPIT Darut Taqwa Ponorogo. Biaya hidup mereka selama masa belajar dan tinggal di asrama Darut Taqwa ditanggung oleh LMI.

Beasiswa Yatim

LMI menyerahkan beasiswa kepada 15 anak yatim yang tinggal di panti asuhan Al-Ihsan. Di tempat ini selain mendapatkan pendidikan mereka juga memperolah pembinaan kerohanian dan keterampilan agar mereka nantinya bisa menjadi berguna bagi agama dan masyarakat.

Buletin Dakwah

Untuk merealisasikan program dakwah dan memasyarakatkan zakat, infaq, shodakoh dan waqaf, LMI Madiun menjadikan buletin Ukhuwah dan Zaki sebagai sarana agar program tersebut bisa sampai pada masyarakat Ponorogo.

Pembangunan Mushola Watubonang

Pembangunan mushola Watubonang Badegan kembali berjalan setelah sempat tertunda beberapa waktu karena kendala medan yang sering longsor sehingga bahan bangunan yang ada di bawah tidak bisa diangkut sampai lokasi.

Peduli Da’i

LMI memberikan kafalah/bantuan pada 20 ustadz/Ustadzah untuk membantu ekonomi mereka. Karena komitmen mereka dalam dunia dakwah ditengah himpitan ekonomi yang jauh dari cukup menjadikan alasan bagi LMI untuk memberikan kepedulian kepada mereka.

Bimbel

Kegiatan bimbingan belajar siswa SD berlangsung di salah satu mushola di desa Sidowayah Jambon. Kegiatan ini bersamaan dengan kegiatan TPA yang brelangsung mulai hari Senin sampai Kamis yang diikuti sekitar 40 anak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar