Kamis, 02 Juni 2011

Laporan Kegiatan LMI Cabang Madiun

Bulan April 2011

PROGRAM PINTAR

Santunan Beasiswa 100 Anak Yatim Ponorogo

Bertempat di aula Bapeda Ponorogo, pada tanggal 27 maret 2011 sebanyak 100 anak yatim SD, SMP, SMA/SMK hadir untuk mengikuti acara penyerahan beasiswa. Mereka adalah siswa-siswi yang berasal dari Sooko, Ponorogo kota, Balong, Bungkal, Jenangan, selahung dan babadan. Acara ini dihadiri kepala Dinas dan perwakilan Dinsos Kabupaten Ponorogo. Selain memberikan sambutan, beliau berdua menyerahkan beasiswa secara simbolis. Di acara ini LMI juga menghadirkan para Ihsanudin dari Magetan sebagai Narasumber spiritual motivation.

Beasiswa Dhuafa

Pemberian beasiswa untuk siswa SD, SMP, dan SMA dari keluarga tidak mampu berlangsung pada hari Senin sore tanggal 18 April di kantor LMI. Selain menerima beasiswa mereka juga mengikuti kajian Tafsir bersama ustadz Nursalim. Sedangkan siswa SD mendapatka acara permainan games. Acara ini dihadiri 93 anak.

Beasiswa Yatim Kota Madiun

Selasa sore, 19 April 60 anak yatim bersama orangtuanya mulai jenjang SD, SMP, SMA mengikuti materi psikologi anak bersama narasumber tim psikologi dari Bogor. Kegiatan ini untuk membantu permasalahan psikologi mereka sekaligus solusi penyelesaiannya. Di acara ini juga LMI menyerahkan beasiswa rutin tiap bulan kepada mereka.

Beasiswa 3G

Empat puluh tiga siswa SMP dan SMA yang duduk di bangku kelas tiga pada hari ahad, 10 April mengadakan doa bersama di mushola Mina jalan Dr. Cipto. Acara ini dipimpin ustadz Sutoyo (Ketua MUI kodya Madiun) dengan memberikan tausiah/nasehat menjelang ujian nasional dan doa bersama agar mereka lulus ujian. Kajian ini ditutup dengan penyerahan beasiswa rutin

Beasiswa Yatim Kebonsari

Penyerahan beasiswa yatim kepada 18 siswa berlangsung di masjid Abdullah Krandegan Kebonsari. Kegiatan ini diisi dengan pembinaan kerokhanian bersama Ustadz Imam Mujari.

Bimbingan Belajar Gratis

Kegiatan belajar matematika, bahasa inggris dan agama/kerokhanian berlangsung setiap hati Sabtu dan Ahad di kantor LMI dan lembaga khusus Sieford.

Santunan Pendidikan

Bantuan pelunasan SPP dan uang buku diberikan kepada siswa kelas 3 SMP dan SMA yang harus lunas sebelum ujian. Siswa penerima bantuan pendidikan adalah Rizki (SMF), Galih (SMAN 4), Azmi (SMPN 6), Gian Jaenuri (SMK Penerbangan).

PROGRAM SEHATI (KESEHATAN)

Santunan Kesehatan

Santunan kesehatan diberikan kepada Ukkih penderita kelainan anus, pak Sarju penderita katarak dan pak Kusnudin salah seorang relawan LMI di Ponorogo yang mengalami kecelakaan.

Bantuan Bersalin

LMI memberikan bantuan kepada salahsatu warga Jambon yang melahirkan di bidan desa, karena ketidakmampuan membayar persalinan warga tersebut memerlukan bantuan biaya persalinan.

PROGRAM EMAS-PEMBERDAYAAN

Pemberdayaan Cluster Chips Mocaff

Dengan mempekerjakan 10 warga sekitar, progam pengolahan singkong menjadi tepung setengah jadi di desa kerik Takeran terus berproduksi dan dipasarkan ke Trenggalek.

Pinjaman Modal

Pak Irham penjual empek-empek Palembang memperoleh pinjaman modal LMI untuk mengembangkan usahanya menjadi lebih besar lagi dengan membuka tempat jualan yang sifatnya menetap, karena selama ini pak Irham berjualan secara keliling.

Santunan Dhuafa

LMI memberikan bantuan biaya hidup kepada lansia yang sudah tidak mampu lagi bekerja yaitu Pak Sarju, Mbah Semi, Pak Slamet, Mbah Surip, Mbah Marto Daud, Mbah Lasinem, Mbah Las, Mak Siram, Mak Nyum dan Mbah Sumi. LMI juga memberikan santunan kepada Sugeng penderita cacat yang tinggal di Mojopurno serta 8 keluarga yang tidak mampu di Kabupaten Ponorogo.

Bantuan Tanah Longsor

LMI memberikan bantuan kepada korban tanah longsor di desa Klepu kecamatan Sooko Ponorogo. Kepala cabang beserta stafnya melihat langsung lokasi bencana dan bertemu dengan para korban.

Rumah Pintar

Kegiatan rumah pintar berlangsung setiap hari Jumat dan Sabtu berupa keterampilan mejahit dan kerajinan Handycrap yang diikuti orang tua anak asuh dan anak asuh LMI.

PROGRAM DAKWAH

Santunan Abang Becak

Kamis 14 April bertempat di LMI, 100 abang becak mengikuti pengajian yang dipandu Ustad Nur Salim. Di majelis ta’lim abang becak yang rutin diadakan sebulan sekali juga diadakan pembagian sembako.

Outbound

Kegiatan pembinaan kerokhanian remaja tidak hanya dilakukan LMI dengan cara Indoor tetapi juga outdoor yaitu dengan diadakannya outbound di Grape pada tanggal 20 April. Kegiatan ini diikuti 60 remaja SMA.

Talk Show Remaja

Untuk memberikan pendidikan sex kepada remaja, LMI mengadakan talk show pada tanggal 17 April bertempat di gedung Erlangga dengan narasumber dr. Tauhir Islami, SpOg, Ustadzah Fida Hasanatun dan Bu Dania Psi dengan tema “Free Sex, Boleh Dong???”

Majelis Ta’lim

Kegiatan majelis ta’lim berlangsung 2 pekan sekali di Masjid Al-hidayah jln cempedak, Musholla Baiturrohman jln. Pringgodani, Musholla Hidayatulloh jln. Seram, majelis ta’lim Maratus Sholihah jln. Serayu Barat, Majelis ta’lim lingkungan jln.Trengguli. kajian keislaman juga berlangsung di majelis ta’lim Fathul Muna Ponorogo.

Kajian Tafsir

Kegiatan mengkaji dan memahami isi Al-Qur’an berlangsung di Musholla Baiturrohman 2 pekan sekali bersama ustad Syamsudin Lsi

Pelatihan Ustad

Ahad 27 Maret LMI menghadirkan ustad Fatan dari Jogja untuk menjadi narasumber acara pelatihan ustad dan ustadzah yang akan menangani program pembinaan remaja LMI.

Pembangunan Masjid Watubonang

Setelah tersendat beberapa saat karena kendala cuaca, pembangunan mushola di Watubonang dilanjutkan kembali. InsyaAlloh bulan Mei mushola ini sudah bisa digunakan masyarakat Watubonang untuk beribadah.

Undangan LAZ AL-AZHAR Jakarta

Di bulan Maret LMI Madiun memberangkatkan 2 orang ke LAZ Al-Azhar Jakarta untuk menghadiri pertemuan sosialisasi program beasiswa 3G yaitu beasiswa untuk kelas 3 SMA. Dalam pertemuan ini, LMI menjadi mitra Al-Azhar untuk menyalurkan program beasiswa 3G di daerah terpencil.

Rakorcab dan Pelatihan Jurnalistik

Bersamaan dengan acara Rakor Kepala Cabang LMI di Surabaya pada tanggal 9 April, juga berlangsung pelatihan Jurnalistik. Untuk acara ini LMI Madiun mengirimkan satu orang staffnya.

Buletin Dakwah

Buletin Ukhuwah dan Zaki adalah media yang digunakan LMI Madiun untuk merealisasikan program dakwah dan memasyarakatkan zakat, infaq, shodaqoh dan wakaf.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar